Tenang, Harga Xpander & Xpander Cross Facelift Masih Dapat Diskon PPnBM

Berita Otomotif

Tenang, Harga Xpander & Xpander Cross Facelift Masih Dapat Diskon PPnBM

JAKARTA – Harga Mitsubishi Xpander maupun Xpander Cross facelift memang belum diungkap. Tapi keduanya dipastikan masih dapat diskon terkait insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Xpander serta Xpander Cross facelift resmi meluncur secara virtual di Indonesia pada Senin (8/11/2021). Seremoni ini sekaligus menjadi world premiere alias peluncuran perdana global dari kedua model yang sudah dirakit di pabrik Cikarang, Bekas tersebut.

Harga on the road (OTR) Jakarta Xpander dan Xpander Cross facelift rencananya baru diumumkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 November 2021 mendatang di Serpong, Tangerang. Merek berlogo tiga berlian ini memastikan banderol yang nantinya diumumkan sudah mendapatkan insentif PPnBM.

“Kita (Indonesia) masih punya program relaksasi PPnBM hingga akhir tahun ini. Keuntungan relaksasi pajak tersebut juga diaplikasikan ke Xpander maupun Xpander Cross, termasuk model-model barunya sekarang,” papar Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura dalam konferensi pers via Zoom.

Sekadar mengingatkan, Xpander serta Xpander Cross menikmati kebijakan insentif PPnBM 100 persen untuk mobil-mobil 1.500 cc ke bawah. Ini karena keduanya memenuhi syarat produksi lokal dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 60 persen atau lebih.

Pembebasan PPnBM secara penuh, setelah beberapa kali perpanjangan, sejauh ini ditetapkan berlaku dengan periode Maret-Desember 2021.

Mitsubishi Xpander Facelift dan Xpander Cross Facelift 2021

Namun, ada ketentuan bahwa unit yang mendapatkan ‘hadiah’ dari pemerintah ini harus sudah diterima konsumen dalam periode yang sudah ditentukan di atas. Oleh karena itu, Mitsubishi akan berupaya menyesuaikan waktu produksi serta pengirimannya.

“Xpander dan Xpander Cross terbaru mulai diproduksi bulan ini (November) dan kami targetkan dapat dikirimkan kepada konsumen tahun ini juga. Tentunya agar konsumen dapat nikmati benefit insentif PPnBM dari pemerintah dan ini sesuai dengan aturannya, yaitu hingga akhir Desember 2021,” tambah Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro.

Mitsubishi Xpander Facelift dan Xpander Cross Facelift 2021

Untuk diketahui, Xpander facelift mengalami ubahan cukup banyak. Dari sisi penampakan, misalnya, desain gril Dynamic Shield-nya diubah dan lampu depannya pun dipermak dengan bentuk ‘T-Shape’. Desain dasbor juga berbeda.

Transmisi otomatis kini berteknologi CVT dan ground clearance-nya kini menjadi 220 mm. Ada juga penambahan fitur seperti Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, Auto Start/Stop Button, Head Unit 8 Inci.

Adapun ubahan tampilan pada Xpander Cross facelift hanya warna gril maupun desain dasbor. Namun, semua fitur anyar pada Xpander facelift juga ada pada Xpander Cross facelift. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar