Teknologi ProPILOT Susah ke Indonesia

Berita Otomotif

Teknologi ProPILOT Susah ke Indonesia

JAKARTA – Nissan telah mengenalkan teknologi terbaru mereka yaitu ProPILOT. Teknologi tersebut dapat membuat mobil bergerak secara otonom dalam single line.

ProPILOT dikenalkan pertama kali di All-new Nissan Serena yang diluncurkan beberapa waktu lalu di Jepang. Sayangnya, teknologi ProPILOT masih belum bisa masuk Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy Nissan Motor Indonesia.

“Saat ini teknologi tersebut baru tersedia di Jepang saja, belum untuk negara-negara lain termasuk Indonesia. Kenapa baru di Jepang? Karena Nissan melihat infrastruktur di sana sudah lebih siap dibanding dengan di negara lain,” ungkapnya.

Artikel bersambung dibawah

Ia pun menjelaskan bahwa kondisi jalan sangat menentukan bisa tidaknya teknologi diterapkan di sebuah negara atau tidak. Alasannya, ProPILOT menggunakan kamera untuk membaca marka jalan agar tidak menyimpang dari lajurnya.

Setelah diaktifkan, ProPILOT dengan otomatis akan mengontrol jarak aman antar kendaraan berdasarkan kecepatan yang telah diatur oleh pengemudi (antara 30 km/jam – 100km/jam). Sistem ini akan menjaga mobil agar tetap berada di jalur dengan membaca marka jalan dan mengontrol kemudi termasuk saat mobil melewati tikungan.

“Sementara kalau di Indonesia, meski marka jalannya ada lalu tiba-tiba ada pengamen di jalan, maka markanya tidak akan terbaca. Jadi teknologi ini pun mungkin masih cukup jauh di Indonesia, infrastrukturnya belum siap,” tambahnya.

2018 akan Lebih Canggih
Meski sudah berfungsi sempurna di Jepang, namun ProPILOT masih akan terus dikembangkan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan ProPILOT untuk berpindah lajur. Kemampuan tersebut akan hadir pada tahun 2018.

“Jadi saat ini hanya bisa single line. Jadi mobil tidak bisa berpindah lajur dan hanya di jalur yang sudah disetel saja. Nanti, pada tahun 2018, ProPILOT akan dikembangkan sehingga bisa multi line sehingga mobil bisa berpindah lajur namun tetap aman,” pungkasnya. [Adi/Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual