Teknologi Ini Bisa Deteksi Manusia dan Hewan di Kegelapan

Berita Otomotif

Teknologi Ini Bisa Deteksi Manusia dan Hewan di Kegelapan

AACHEN – Mengemudikan mobil di malam hari, terutama di jalan-jalan gelap, membuat syaraf-syaraf pengemudi  lebih tegang karena pencahayaan sangat terbatas.

Pengemudi harus lebih fokus dan kedua mata harus lebih awas, sementara bisa saja beberapa pejalan, pesepeda dan hewan berada menyeberang atau berada di sisi. 
Menyadari banyak pengendara ‘menderita’ di malam hari, at ini Ford sedang mengembangkan teknologi pencahayaan canggih yang memungkinkan pengemudi lebih mudah melihat potensi bahaya saat berkendara di malam hari.

Teknologi bernama Camera-Based Advanced Front Lighting System dapat memperluas sorotan lampu di persimpangan atau bundaran untuk memberikan pencahayaan lebih baik kepada baha-bahaya yang tidak berada di dalam wilayah arah kita. Teknologi Spot Lighting  membantu menarik perhatian pengemudi terhadap pejalan, binatang, dan pesepeda, yang berada di jalan atau di luar jalan (trotoar).

"Banyak orang berkendara di malam hari harus cepat bereaksi terhadap seseorang atau sesuatu yang tiba-tiba muncul di jalan - entah dari mana. Camera-Based Advanced Front Lighting System dan Spot Lightning membantu memastikan pengemudi cepat waspada terhadap orang atau hewan yang dapat membahayakan," kata Ken Washington, wakil presiden, Ford Research and Advanced Engineering.

Camera-Based Advanced Front Lighting System berlandaskan Adaptive Front Lighting System dan Traffic Sign Recognition dari Ford, saat ini dimiliki oleh beberapa model Ford, guna meningkatkan penglihatan pengemudi di bundaran, pemberhentian (lampu lintas atau persimpangan).

Sistem baru ini memanfaatkan informasi GPS untuk menerangi tikungan atau cerukan. Jika sinyal GPS tidak tersedia makan sistem akan menggunakan sebuah kamera yang terletak di balik kaca spion dalam kabin guna ‘meramal’ marka dan lengkungan jalan di depan.  Di masa depan, sistem ini akan merekam kondisi jalan yang kita lalui untuk pengemudi lainnya.

Spot Lighting sendiri menggunakan satu kamera inframerah di grille yang terus-menerus mencari dan melacak hingga 8 orang dan binatang-binatang besar dalam jarak 120 meter. Sistem ini dapat menyoroti dua bahaya bagi pengemudi, diterangi oleh dua lampu LED khusus di sebelah lampu kabut. Objek yang disorot ditampilkan pada layar di dalam mobil, ditandai dengan bingkai merah atau kuning, berdasarkan kedekatan objek dan tingkat bahaya yang disajikan.

Camera-Based Advanced Front Lighting System dikembangkan oleh European Research and Innovation Centre Ford di Aachen. Ford berharap teknologi ini dapat diterapkan dalam waktu dekat untuk para pelangganya. [Idr] 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual