Teknologi Ini Bikin Pemabuk Tak Bisa Kendarai Mobil

Berita Otomotif

Teknologi Ini Bikin Pemabuk Tak Bisa Kendarai Mobil

WASHINGTON - Kebiasaan mengemudi ketika mabuk merupakan salah satu hal yang menjadi masalah di hampir semua negara. Amerika Serikat pun gerah.

Akhirnya, mereka membuat sebuah teknologi yang memungkinkan mobil membaca kondisi pengemudi. Bila dianggap mabuk, maka mobil tidak mau menyala.

Pada tahun 2013, menurut badan keselamatan lalulintas Amerika Serikat atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) ada 10.706 orang yang kehilangan nyawa di jalan akibat insiden yang melibatkan penggunaan alkohol. Angka itu mewakili 31 persen kematian di jalan raya.

Untuk itu, mereka mengembangkan Driver Alcohol Detection System for Safety program atau DADSS. Pada dasarnya, ada dua sistem di teknologi ini. Pertama adalah breathalyzer di roda kemudi. Jadi si pengendara harus mengetes nafas mereka dan bila konsentrasi alkohol dalam darah di atas 0,08, maka mobil tidak akan menyala.

Teknologi kedua adalah melalui pencahayaan inframerah untuk memindai jari agar mobil bisa menentukan kadar alkohol di tubuh pengendara. Bila terlalu tinggi, maka mobil juga tidak akan menyala.

Saat ini, menurut The Detroit News, NHTSA memang tidak memiliki niat untuk mewajibkan teknologi keselamatan ini. Tapi mereka berharap teknologi ini akan ada di setiap mobil baru di masa depan. Paling tidak, 5 tahun lagi.

Administrator NHTSA Rosekind mengatakan kalau teknologi ini bisa menjadi jawaban dan senjata dalam perang melawan tingginya angka kecelakaan akibat alkohol.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, namun dukungan dari Kongres dan industri telah membantu kami mencapai tonggak penelitian dan pengembangan yang menjadi kunci," katanya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual