Teknologi Hybrid Daihatsu Punya Banyak Keunggulan

Berita Otomotif

Teknologi Hybrid Daihatsu Punya Banyak Keunggulan

TANGERANG – Daihatsu memanfaatkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dengan menampilkan teknologi hybrid mereka.

Di Indonesia, Daihatsu memang masih belum memiliki line up kendaraan dengan teknologi tersebut. Namun, bukan berarti Daihatsu lantas diam saja, mereka tetap melakukan pengembangan kendaraan hybrid agar ketika aturan terkait mobil listrik dan hybrid sudah rampung bisa langsung ikut serta.

Mobil hybrid  adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya. Hal ini biasanya mengacu pada sebuah mobil yang memiliki mesin bensin konvensional serta  baterai sebagai sumber tenaga.

Salah satu sumber tenaga ini dapat menjadi sumber daya utama dan yang lainnya berfungsi sebagai cadangan. Atau kendaraan dapat menggunakan satu sumber tenaga dalam situasi tertentu dan menggunakan yang lain dalam situasi berbeda.

Daihatsu menyebut bahwa sedikitnya ada dua jenis kendaraan hybrid yang umum digunakan oleh pabrikan yaitu paralel dan series. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Dan saat ini, Daihatsu lebih fokus pada pengembangan series hybrid.

Setidaknya, ada tiga kelebihan dari series hybrid. Yang pertama adalah mesin motor bakar berkapasitas kecil karena hanya berfungsi sebagai ‘charger’. Kedua adalah sistemnya lebih sederhana ketimbang paralel karena motor penggerak dan sistem charging memiliki sistem yang terpisah dan perawatan lebih murah.

Ketiga adalah bobotnya menjadi lebih ringan. Bobot yang lebih ringan tersebut dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik. Dengan demikian, tujuan utama dari mobil hybrid yaitu menciptakan lingkungan yang lebih bersih bisa tercapai dengan lebih mudah.

Selama ini, Daihatsu memang terus mengembangkan kendaraan ramah lingungan. Hal ini terlihat dengan fokusnya mereka dalam mengembangkan kendaraan LCGC di Indonesia. [##]



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar