Tata Nano Tak Ingin Lagi Disebut Mobil Murah

Berita Otomotif

Tata Nano Tak Ingin Lagi Disebut Mobil Murah

GREENVILLE - Saat ini Tata Nano dikenal sebagai mobil termurah di dunia. Namun, Tata Motors ingin menghapus citra tersebut. Tata Nano disiapkan untuk naik kelas.

Tata Nano ketika diperkenalkan tahun 2009 memang langsung menarik perhatian, bukan hanya di negara asalnya, India. Tapi juga dari seluruh dunia karena harga jualnya ketika itu hanya US$ 2.500. Bila US$ 1 adalah Rp 10.000, maka harga model ini mulai dari Rp 25 juta.

Namun di generasi baru Nano, Tata Motors ingin meningkatkan citra model ini dan meninggalkan image mobil murah. Mesin yang lebih besar pun disiapkan. Mesin besar bakal membuat harga mobil akan meningkat.

"(Model) itu bisa dicap sebagai mobil termurah di India - bukan yang paling terjangkau atau best value for the money," kata bos Tata, Ratan Tata di Automotive News.

"Ini untuk stigma 'Saya tidak ingin terlihat di mobil termurah. Tetangga saya akan berpikir saya tidak punya uang.' Kami menderita karena itu. Kami sedang berusaha untuk memposisikan mobil."

Ratan sendiri membuat mobil dengan harga murah karena ingin keluarga berpenghasilan rendah di India memiliki alat transportasi yang lebih aman dari sepedamotor. 

"Kami sedang berusaha untuk memosisikan mobil ini bukan sebagai mobil termurah, tetapi sebagai mobil dengan lebih banyak tanda dan kesan yang akan menonjol di pasar," tambanya.

Sebuah mesin yang lebih besar tengah disiapkan untuk menggantikan mesin dua-silinder berkekuatan 37 hp. Mesin itu banyak dikeluhkan karena berisik dan terdengar seperti sepedamotor kecil.

Menurut Ratan, membuat Tata Nano yang lebih baik adalah sebuah komitmen.

"Janji adalah janji, dan kami memiliki mobil dengan harga tersebut, yang adalah apa yang kami janjikan," katanya.  [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual