Tata Motors Pamerkan Sedan Listrik EVision Concept di Geneva

Berita Otomotif

Tata Motors Pamerkan Sedan Listrik EVision Concept di Geneva

GENEVA – Tata Motors memperlihatkan visi mengenai mobilitas non emisi di masa depan dengan memamerkan sedan Evision Concept dalam keiikutsertaannya ke 20 kali berturut-turut di Geneva Motor Show 2018.

EVision Concept, seperti diwartakan Autocar India beberapa waktu lalu, dibangun di atas platform Omega milik Tata. Platform ini dipakai juga oleh Land Rover, pabrikan sport utility vehicle (SUV) premium asal Inggris yang kini berada di bawah kendali Tata Motors.

Tidak dijelaskan mengapa Tata Motors memilih platform ini, alih-alih platform Alfa yang disiapkan untuk hatchback, sedan, serta SUV kecil mereka. Namun, pilihan tersebut menandakan fleksibilitas platform Omega untuk menampung sistem penggerak berteknologi listrik murni.

Penggunaan platform Omega di Evision Concept juga menggambarkan kebisaannya memenuhi kebutuhan desain serta dimensi interior mobil listrik Tata Motors di masa mendatang.

Pengembangan eksterior sedan satu ini dilandaskan pada bahasa desain terbaru Tata Motors yaitu Impact Design 2.0. Karena itu, tak mengherankan jika Evision Concept memperlihatkan rupa yang jauh berbeda dari mobil-mobil terkini di pasar otomotif saat ini.

Beberapa hal yang terlihat dari eksterior Evision Concept di antaranya adalah lampu depan LED kecil menyipit serta memanjang dari grille depan ke sisi samping bodi, aksen aluminium mengilap dari tengah grille hingga ke bawah lampu depan yang disebut ‘humanity line’. Dari sisi lain tampak lekuk bodi serupa sebuah fast-back, pelek 21 inchi, pilar C tebal juga garis bahu berkesan kuat lagi solid.

Selain itu, Evision Concept dibubuhi gagang pintu flush-fitting, kaca spion kecil dan sporty, plus penggunaan aksen aluminium di berbagai sisi.

Interiornya terlihat sangat elegan melalui penggunaan kayu berkualitas tinggi di sana-sini. Dasbornya seakan mengambang, tanpa konsol tengah sehingga kabin terasa lebih lapang.

Kabin Evision Concept juga berkonsep human-machine interface. Dari bagian dasbornya bisa keluar layar yang menunjukkan kondisi komponen-komponen vital plus analisa perawatan yang diperlukan, prediksi manajemen energi berdasarkan kondisi lalu lintas, hingga teknologi-teknologi tambahan semisal komputasi awan sampai geospatial mapping. Ada pula fitur Advance Driver Assist Systems (ADAS).

Sayangnya, Tata Motor tidak menginformasikan detail spesifikasi, juga kapan Evision Concept diproduksi massal. Namun, diketahui bahwa akselerasi 0-100 km/jam butuh wakti 7 detik dengan kecepatan puncak sekitar 200 km per jam. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support