Tata H5X dan 45X Concept Jalani Debut Eropa di Geneva

Berita Otomotif

Tata H5X dan 45X Concept Jalani Debut Eropa di Geneva

GENEVA – Tata Motors memperkenalkan sport utility vehicle (SUV) dan hatchback konsep bernama H5X serta 45X di Geneva Motor Show 2018, untuk menemani sedan listrik Evision Concept.

H5X plus 45X Concept, seperti diberitakan Autocar India belum lama ini, telah menjalani debut global di Delhi Auto Expo 2018, beberapa bulan lalu. Geneva Motor Show 2018 yang dibuka untuk publik pada 8-18 Maret menjadi penampilan perdana mereka di Eropa.

Seperti juga pada Evision Concept, eksterior H5X serta 45X dibuat dengan bahasa desain Impact Design 2.0. Ciri paling kentara yang dapat dilihat dari ketiganya ialah bentuk grille depan amat khas, juga lampu depan LED menyipit dan memanjang dari grille ke sisi samping bodi.

Tata Motors menyebut bentuk grille plus lampu depan menyambung itu sebagai ‘humanity line’. Satu aspek menonjol lainnya ialah pelek berukuran besar.

H5X Concept menggunakan platform Omega yang dikembangkan dan digunakan bersama-sama dengan Land Rover. Seperti diketahui, merek SUV asal Inggris itu sekarang memang berada di bawah kontrol Tata Motors.

SUV ini kemungkinan meluncur pada semester pertama 2019. Versi produksinya bakal ditawarkan dalam pilihan kapasitas lima atau tujuh penumpang.

Mesin versi produksi H5X nantinya disuplai oleh Fiat. Adapun kapasitasnya adalah 2.0 Multijet turbo-diesel yang digunakan pula oleh pesaingnya Jeep Compass.

Mesin di tipe lima penumpang bertenaga 140 hp dan tipe tujuh penumpangnya bertenaga lebih besar yakni 170 hp. Tata Motors kini sedang mengevaluasi transmisi otomatis ZF sembilan percepatan untuk dipasangkan dengan mesinnya.

Sementara 45X Concept dibangun di atas platform Alfa yang memang disiapkan untuk hatchback, sedan, serta SUV kecil Tata Motors di masa depan. Mobil kompak yang versi produksinya kemungkinan meluncur tahun depan itu bakal terdiri dari dua opsi mesin, 1.2 l turbo bensin atau 1.5 l turbo diesel. Kemungkinan, mesin dipasangkan dengan transmisi otomatis twin-clutch. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual