Target Mitsubishi Xpander di GIIAS 2018 Mungkin Dikoreksi

Berita Otomotif

Target Mitsubishi Xpander di GIIAS 2018 Mungkin Dikoreksi

TANGERANG – Mitsubishi Xpander sementara ini dipesan hampir 1.000 unit dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dan berkontribusi paling besar terhadap transaksi jual-beli di pameran. Namun, target Xpander mungkin bakal dikoreksi karena jumlah pengunjung GIIAS 2018 yang lebih sepi dari tahun sebelumnya.

Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan bahwa selama tujuh hari pameran, pihaknya secara total sudah mengumpulkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) mendekati 1.700 unit. Sebanyak hampir 1.000 di antaranya disumbangkan Xpander.

“Persentasenya paling besar Xpander, disusul Pajero Sport. Xpander itu hampir 1.000 unit,” papar Intan.

Pameran itu sendiri berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Mitsubishi dalam pameran tahun ini menargetkan transaksi 3.000 unit dan 70 persen di antaranya adalah Xpander.

Dia kemudian menjelaskan bahwa inden Xpander tak lagi sepanjang dahulu. Sejak Juli, masa tunggu unit datang sudah dipangkas menjadi 1 – 2 bulan, dari sebelumnya 6 – 7 bulan. Ini berkat penambahan kapasitas produksi di pabrik Cikarang, Bekasi menjadi 10 ribu unit termasuk untuk ekspor.

Koreksi Target Xpander
Intan mengungkapkan pihaknya kemungkinan besar bakal merevisi target Xpander. Pasalnya, jumlah pengunjung GIIAS yang tahun ini terasa lebih sepi dari sebelumnya berdampak pula pada aktivitas komersial Mitsubishi di pameran.

“Kalau dirasakan secara kasat mata, memang pada GIIAS tahun lalu jalan di depan terasa lebih sulit dilalui dibanding sekarang. Target kontribusi 70 persen pada Xpander itu mungkin terkoreksi sedikit karena untuk mencapainya kan perlu sekitar 2.200 unit sampai pameran selesai dan ini baru hampir 1.000 unit. harus mencapai 1.200-an unit lagi,” tandasnya.

Sebelumnya, Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengakui bahwa GIIAS 2018 sejauh ini lebih sepi ketimbang pelaksanaan tahun sebelumnya. Menurut dia, ini mungkin saja terjadi akibat peraturan ganjil-genap demi memperlancar arus kendaraan selama Asian Games 2018 yang sudah efektif diberlakukan sejak awal Agustus. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual