Tantang Fortuner, Ini Harga dan Spesifikasi Hyundai Santa Fe Facelift

Panduan Pembeli

Tantang Fortuner, Ini Harga dan Spesifikasi Hyundai Santa Fe Facelift

Toyota Fortuner serta Mitsubishi Pajero Sport mendapatkan ‘tantangan’ dari Hyundai Santa Fe facelift yang memiliki rentang harga Rp500 – 700 jutaan on the road Jakarta, dengan spesifikasi serta fitur yang makin banyak serta canggih.

Santa Fe facelift merupakan SUV kedua Hyundai yang meluncur di Indonesia sejak prinsipal turun tangan langsung menangani bisnis lewat PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID). Sebelumnya, sudah ada Palisade (2020).

Di samping merilis SUV, Hyundai juga melepas dua mobil listrik murni yaitu Ioniq serta Kona EV (2020). Pada Februari 2021, Kona EV facelift dijual tanpa seremoni.

Santa Fe facelift, yang meluncur secara virtual pada 7 April 2021, sendiri tak hanya memiliki tampilan yang lebih mengundang perhatian tapi juga fitur – fitur canggih dan rentang harga makin luas. Perubahannya yang cukup banyak serta mendasar membuatnya menjadi versi facelift rasa ‘all-new’.

Berikut pembahasannya, seperti dikutip dari keterangan plus data resmi HMID maupun berbagai sumber.

Harga 6 Tipe Hyundai Santa Fe Facelift

Hyundai Santa Fe 2021

Santa Fe facelift secara total mempunyai enam tipe yang seluruhnya bertransmisi otomatis. Tiga di antaranya bermesin bensin 2.5-liter, sedangkan tiga lainnya mengusung mesin diesel turbo 2.2-liter.

Rentang harga Hyundai Santa Fe pun lebih luas daripada model versi terdahulu. Selisih banderol antara yang termurah dengan yang tertinggi sekarang mendekati Rp 200 juta.

Dahulu, kisaran harganya hanya Rp 500 – 600 jutaan.

Harga tipe terendah dari Santa Fe facelift, yang bermesin bensin, Rp569 on the road Jakarta. Sementara, tipe tertinggi dibanderol Rp729 juta.

Ini daftar harga Santa Fe facelift untuk on the road Jakarta ketika meluncur:

  • 2.5 6AT Style Gasoline Rp569 juta
  • 2.5 6AT Prime Gasoline Rp599 juta
  • 2.5 6AT Signature Gasoline Rp678 juta
  • 2.2 8DCT Style Diesel Rp629 juta
  • 2.2 8DCT Prime Diesel Rp659 juta
  • 2.2 8DCT Signature Diesel Rp729 juta

“Santa Fe ini masih diimpor utuh (Completely Built Up/CBU) dari Korea Selatan,” kata Makmur, Chief Operating Officer HMID dalam konferensi pers virtual peluncuran.

Spesifikasi Hyundai Santa Fe Facelift

Hyundai Santa Fe Facelift

  1. Platform dan Desain

Meski embel – embelnya hanya facelift, Santa Fe terkini diberkahi oleh platform generasi termutakhir. Selain diklaim meningkatkan pengendalian (handling), keselamatan, maupun performa, platform itu pun membuat Santa Fe facelift lebih fleksibel mengusung berbagai macam teknologi sistem penggerak mulai dari yang konvensional atau elektrifikasi.

Secara desain, Day-time Running Light (DRL) menjadi aspek paling mengundang perhatian karena bentuknya menyerupai huruf ‘T’ dan seakan menembus hingga ke bagian lampu depan yang masih terdapat di bawahnya. Desain gril dengan kisi – kisi ‘sarang lebah’ diubah dan dimensinya kini menjadi lebih megar menonjol.

Ubahan eksterior juga terlihat antara lain pada desain bemper, desain pelek 18 inci, desain rear combination lamp.

Interior diklaim lebih luas dibanding sebelumnya. Ini tak mengherankan karena dimensi bodi Santa Fe facelift menjadi lebih bongsor baik dari segi panjang, lebar, maupun tinggi menjadi masing – masing 4.785 mm, 1.900 mm, 1.710 mm.

Selain itu, kabin juga disebut memiliki lebih banyak balutan dari material berkualitas premium.

Desain konsol tengah juga menjadi satu dari sekian ubahan interior. Di dalam, ada Panoramic Sunroof plus Ambient Light dengan 64 warna yang menambah kesan mewah.

  1. Mesin dan Transmisi

Opsi mesin bensin digawangi powertrain 2.5-liter MPi, 4 silinder segaris, 16 valve, DOHC bertenaga maksimal 180 ps di 6.000 dengan torsi puncak 232 Nm di 4.000 rpm. Standar emisi Euro4.

Adapun mesin dieselnya diotaki powertrain 2.2-liter CRDi turbo, 4 silinder segaris, 16 valve, DOHC berdaya tertinggi 202 ps di 3.800 rpm dengan torsi hingga 440 Nm di 1.750 – 2.750 rpm. Standar emisinya Euro2, mengikuti regulasi dari pemerintah.

Transmisi untuk mesin bensin ialah otomatis enam percepatan biasa, sedangkan untuk mesin diesel otomatis delapan percepatan Dual Clutch (DCT). Sistem penggeraknya sama – sama roda depan.

  1. Fitur – fitur

Fitur – fitur standar yang sudah bisa didapat dari tipe Style cukup banyak. Untuk kenyamanan berkendara dan hiburan ada antara lain Smart Key with Push Start/Stop Engine Button, Paddle Shift, kontrol transmisi Shift by Wire, Cruise Control, Drive Mode Select, Dual Zone AC, layar sentuh 8 inci dengan Bluetooth Audio Streaming, Bluetooth Handsfree Phone System with Phone Recognition, Android Auto plus AppleCarPlay Connectivity, enam speaker.

Mulai tipe Prime ada fitur kenyamanan plus hiburan tambahan berupa layar instrumen klaster 12,3 inci.

Adapun fitur keamanan dan keselamatan standar ada Electronic Parking Brake with Autohold, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brakeforce Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Hill Start Assist, Child Protector Rear Door Lock, ISOFIX, Rear Occupant Alert (without sensor), Parking Distance Warning (Reverse), Rearview Camera with Guideline, Driver and Front Passanger Airbags.

Pada varian Prime, ada tambahan Tire Pressure Monitoring System.

Fitur keamanan dan keselamatan di varian Signature adalah yang paling mencolok serta canggih. Terdapat tambahan Rain Sensor, Downhill Brake Control, Forward Collision Avoidance Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Driver Attention Warning, Electronic Child Safety Lock System, Safe Exit Assist, Rear Occupant Alert (with Sensor), Parking Distance Warning (Reverse and Forward).

Sudah? Belum! Masih ada lagi Surround View Monitor pada Santa Fe facelift varian Signature serta Front Side and Curtain Airbags.

Kompetitor Hyundai Santa Fe facelift

Toyota Fortuner

Melihat spesifikasi mesin maupun rentang harga Rp500 – 700 jutaan, Santa Fe facelift berada di segmen SUV medium high jika mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Erwin Djajadiputra selaku Sales Director HMID, dalam konferensi pers virtual peluncuran, mengatakan secara lebih spesifik bahwa SUV ikonik Hyundai tersebut menyasar segmen SUV C dan SUV D.

Di dalamnya, terdapat berbagai nama yang juga populer. Semua nama di segmen itu berasal dari Jepang. Santa Fe facelift menjadi satu – satunya SUV medium high di pasar otomotif Tanah Air yang berasal dari merek non-Jepang.

Berikut daftar kompetitor langsung Santa Fe facelift beserta rentang harga on the road Jakartanya per April 2021, ketika artikel ini naik tayang:

  • Toyota Fortuner (harga sedang turun jadi Rp478,9 – 670,9 juta untuk varian mesin 2.4 4x2 dan 4x4 karena insentif PPnBM)
  • Honda CR-V (harga sedang turun jadi Rp460,6 – 540,5 juta karena insentif PPnBM)
  • Mitsubishi Pajero Sport (harga Rp502,8 – 733,7 juta)
  • Nissan X-Trail (harga Rp549,75 juta)
  • Mazda CX-8 (Rp 664,8 dan Rp759,9 juta untuk kedua tipenya)

“Kalau dilihat dari segi target pasar (Santa Fe facelift), tentunya adalah keluarga muda dari usia 30 – 45 tahun. Mereka yang sangat mengutamakan kenyamanan, eksploratif, dan ingin melakukan kesenangan bersama keluarga,” tandas Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing Department HMID. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar