Tangki BBM Tidak Terisi Penuh Ada Akibatnya

Panduan Pembeli

Tangki BBM Tidak Terisi Penuh Ada Akibatnya

JAKARTA - Anda sering meninggalkan tangki BBM terisi setengah atau seperempat? Sebaiknya jangan lakukan hal itu. Kebiasaan itu bisa berdampak buruk pada mobil Anda.

Toyota menyarankan pengguna mobil agar menjaga tangki BBM terisi penuh. Mengapa? Misalnya saat menjumpai kondisi jalanan yang sedang macet parah atau padat merayap, pastinya perasaan cemas akan menghampiri karena jumlah bahan bakar yang tersedia di tangki mobilnya sangat minim.

Dengan minimnya volume bahan bakar yang tersedia, pompa bahan bakar tidak berada dalam posisi yang terendam dan kecenderungannya tidak terendam akan semakin besar saat mobil bermanuver. Meskipun desain tangki bahan bakar pada mobil modern seperti sekarang ini telah memiliki banyak sekat yang terdapat di dalamnya.

Hal ini tentu saja masih tetap berbahaya bagi pengendara maupun mobil, karena mesin mobil bisa berhenti secara tiba-tiba karena terputusnya asupan bensin dan tidak menutup kemungkinan akan tertabrak oleh kendaraan yang tepat berada di belakang.

Selain itu, adanya tumpukan kotoran (lumpur) yang terdapat di dasar tangki bahan bakar juga bisa menyebabkan masalah pada mobil. Bila hal ini tidak terdeteksi dengan segera, otomatis kerja pompa bensin (fuel pump) akan semakin berat yang berakibat menurunnya kemampuan pompa bensin menekan bahan bakar masuk ke injektor.

Tentu saja hal ini akan menyebabkan pompa bensin rentan terjadi kerusakan dan konsumsi bahan bakar akan semakin boros.

Dampak buruk lainnya yang juga bisa ditimbulkan adalah hadirnya air yang terdapat di dalam tangki bahan bakar akibat terjadinya kondensasi. Tangki yang tidak terisi penuh akan menyebabkan ruang kosong di dalamnya semakin luas sehingga menyebabkan terjadinya proses kondensasi semakin lebih mudah, terutama untuk tangki bahan bakar pada mobil yang masih terbuat dari material besi.

Namun jika mobil menggunakan material plastik cukup akan karena mampu mereduksi terjadinya proses kondensasi. Inilah beberapa dampak buruk yang bisa dialami oleh mobil dengan tangki bahan bakar jarang terisi penuh. [Ikh/dr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual