Tanggapi Aturan B50, Toyota: Perubahan Selalu Tidak Enak

Berita Otomotif

Tanggapi Aturan B50, Toyota: Perubahan Selalu Tidak Enak

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menanggapi positif terhadap kebijakan B50 yang kabarnya akan dilaksanakan pemerintah di akhir tahun 2020.

Hal ini disampaikan oleh Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM siang hari tadi. Menurutnya Toyota siap untuk mengikuti regulasi yang ada termasuk penerapan B50 meski waktu penerapannya terbilang terlalu dekat dengan penerapan aturan B30 di Januari 2020.

“Perubahan selalu tidak enak. Kalau saya bilang, tujuannnya kemana? Kalau mulia, kita harus mendukung usaha tersebut. Ada konsekuensinya, itu yang harus dihadapi,” ungkapnya pada Mobil123.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya sadar bahwa Pemerintah saat ini sedang mengeluarkan beragam regulasi baru yang terkait kendaraan ramah lingkungan. Mulai dari kendaraan listrik serta penerapan B30 yang tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang lebih baik.

“Ke depan, mobil listrik dan sebagainya akan menjadi tren kemudian mobil dengan bahan bakar fosil akan menurun permintaannya. Tapi apakah kendaraan dengan bahan bakar fosil akan hilang? Tidak, tapi bagaimana caranya mengurangi ketergantungan pada BBM? Yaitu dengan memanfaatkan CPO. Produksi CPO di Indonesia itu sampai luber, sedangkan BBM harus impor, jadi bagaimana memanfaatkan CPO itu, termasuk ke otomotif,” tambahnya.

Ia pun mengakui bahwa kendaraan-kendaraan Toyota yang menggunakan diesel harus melakukan penyesuaian komponen bila ini diterapkan. Sayangnya, Ia tidak menjelaskan secara terperinci ubahan apa yang dilakukan.

“Saya tidak bisa jelaskan komponennya secara terperinci, tapi dalam 1 tahun, tentu akan terlihat apa saja yang harus digantikan. Dan saya melihat ini sebagai tantangan di dunia industri,” pungkasnya.

Presiden Joko Widodo baru saja menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan mengetatkan aturan terkait penggunaan Biofuel pada kendaraan. Penerapan aturan B30 yang akan diterapkan pada awal 2020 kemungkinan hanya akan berlangsung beberapa bulan kemudian digantikan dengan aturan B50 di akhir tahun.

“Saya juga ingin agar B20 ini nanti pada Januari 2020 itu sudah pindah ke B30. Selanjutnya nanti di akhir 2020 sudah meloncat lagi ke B50,” tegasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support