Tanggapan Pabrikan Jepang Soal Harga Mobil di Indonesia Kemahalan

Berita Otomotif

Tanggapan Pabrikan Jepang Soal Harga Mobil di Indonesia Kemahalan

JAKARTA – Pabrikan-pabrikan Jepang menolak anggapan pabrikan Cina Dongfeng Sokon (DFSK) bahwa harga mobil di Indonesia selama ini terlalu mahal.

DFSK, dalam acara Media Gathering pada Kamis (26/4/2018) malam di Jakarta, menilai bahwa selama ini mobil-mobil yang dijual di pasar otomotif Tanah Air dipatok di harga yang terlalu tinggi. Karena itulah mereka datang untuk memberikan mobil berbanderol lebih masuk akal namun diklaim tetap berkualitas.

Merek-merek roda empat ‘Negeri Sakura’ pun angkat suara mengenai komentar DFSK. Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) Fransiskus Soerjopranoto mengatakan bahwa harga yang mereka berikan selama ini bagi model-model Toyota di Indonesia sudah melalui survei dan studi sehingga tetap bisa dijangkau oleh target konsumen.

“Pastinya Toyota selalu menjadikan hasil survei konsumen sebagai salah satu referensi penting dalam pengembangan produk baik dari aspek spesifikasi, fitur, model hingga harga yang bisa diiterima oleh pasar,” ucap Soerjopranoto kepada Mobil123.com melaui pesan singkat pada Jumat (27/4/2018).

Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menyangkal pendapat DFSK dengan mengatakan nilai ekonomis industri otomotif di tiap negara berbeda-beda. Nilai ekonomis inilah yang mempengaruhi harga jual.

“Di Cina, dengan skala ekonomis dan jumlah penduduk luar biasa, mereka bisa membuat dan mendapatkan harga sangat ekonomis. Di negara lain tidak bisa mendapatkan kondisi ini,” aku Amel.

Para pemain asal ‘Negeri Matahari Terbit’ sendiri mendominasi pasar mobil nasional. Pada 2017, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo), mereka menguasai 98 persen pasar yang tahun lalu berkat volume 1.060.236 unit.

Brand-brand asal Cina, di sisi lain, baru mempenetrasi pasar secara agresif terhitung sejak tahun lalu, setelah Wuling meresmikan pabrik baru di Cikarang, Bekasi lalu meluncurkan model pertama yakni Confero 1.5 liter pada Agustus. Hingga April ini, Wuling sudah memiliki tiga model multi purpose vehicle (MPV) bernama Confero 1.5 liter, Cortez 1.8 liter, serta Cortez 1.5 liter.

DFSK menyusul dengan peresmian pabrik di  Cikande, Serang, Banten pada November 2017. Mereka kemudian meluncurkan model perdana yaitu Glory 580 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, 19-29 April di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Keduanya memainkan strategi pemosisian harga jauh lebih rendah ketimbang para kompetitor sekelas. Namun, mobil-mobil Cina dilengkapi dengan finishing produk yang rapih plus fitur jauh lebih banyak. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar