Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Canggih! Taksi Hyundai Ioniq 5 Ini Bisa Nyetir Sendiri, Meluncur Akhir 2023

Berita Otomotif

Canggih! Taksi Hyundai Ioniq 5 Ini Bisa Nyetir Sendiri, Meluncur Akhir 2023

JAKARTA – Hyundai Motor Company (HMC) berencana akan meluncurkan mobil taksi berbasis Ioniq 5 yang dapat mengemudi secara otonom alias swakemudi (autonomous).

Peluncuran tersebut akan dilakukan di Las Vegas, Amerika Serikat, pada akhir 2023.

Dalam pengembangannya, Hyundai bekerja sama dengan Motional, sebuah perusahaan otomotif Amerika Serikat yang berfokus pada kendaraan swakemudi.

Melansir keterangan dari situs web resmi Hyundai, Kedua pabrikan tersebut akan meluncurkan mobil listrik swakemudi bernama Ioniq 5 Robotaxi pada akhir 2023 di Las Vegas.

Setelah meluncur di Las Vegas, rencananya Ioniq 5 Robotaxi akan tersedia di daerah Los Angeles, kemudian di kota-kota besar lainnya, sebelum akhirnya meluncur secara global.

Demonstrasi Ioniq 5 Robotaxi pun ditunjukkan dalam sebuah video dari kanal YouTube Hyundai Worldwide, diakses pada Rabu (4/1/2022).

Dalam video tersebut disebutkan alasan pemilihan Las Vegas sebagai kota peluncuran perdana mobil listrik swakemudi tersebut karena kota tersebut memiliki lingkungan dan lalu lintas yang sangat unik dan tidak ditemukan di kota-kota lain di dunia.

Ioniq 5 Robotaxi memiliki lebih dari 30 sensor canggih, terdiri dari kombinasi kamera, radar dan lidar, serta sistem komputer dalam mobil untuk menavigasi jalan secara aman, bahkan dalam situasi yang tidak terduga.

Pada kasus di Las Vegas, sensor akan mendeteksi situasi jalan raya yang sangat tidak lazim, penuh dengan mobil berbentuk unik seperti limosine panjang dan truk billboard, serta pejalan kaki dengan kostum dan perlilaku tidak biasa.

Selain itu, Ioniq 5 Robotaxi juga mampu mengangkut penumpang di tempat pick-up hotel yang sangat ramai, layaknya supir berpengalaman.

Sebelum rencana peluncuran, Ioniq 5 Robotaxi ini sendiri sudah diuji coba di beberapa kota dengan situasi lalu lintas yang berbeda, yakni Boston dengan jalanan yang sempit dan berliku, San Diego yang terkenal dengan sistem kereta rel di jalan raya, dan Singapura dengan sistem lalu lintas kiri jalan. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang