Tak Sepenuhnya Bebas Biaya, Ini Tarif Resmi Derek Gratis di Tol

Berita Otomotif

Tak Sepenuhnya Bebas Biaya, Ini Tarif Resmi Derek Gratis di Tol

JAKARTA – Layanan jasa derek gratis di Jalan Tol rupanya memang tidak sepenuhnya bebas biaya.

Ada syarat dan ketentuan yang berlaku bila memang pemilik kendaraan mendapatkan layanan gratis tersebut. Bila tidak memenuhi syarat dan ketentuan tersebut maka pengguna jalan tol yang sedang mengalami musibah gangguan kendaraan atau bahkan kecelakaan harus membayar sesuai tarif resmi. Hal ini terlihat dari salah satu postingan yang ditampilkan oleh akun instagram @official.jasamargatransjawatol beberapa waktu lalu.

“Mengalami mogok di jalan tol merupakan sesuatu yang tidak diharapkan bagi semua pengendara. Tapi, apabila kendaraan kamu mogok di ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, kamu bisa menggunakan kendaraan derek gratis yang disediakan dari Jasa Marga untuk diantar ke gerbang tol terdekat, pool derek dan tempat lain radius 1 Kilometer dari akses keluar tol terdekat,” ungkap mereka dalam caption postingan tersebut.

Tarif Resmi Derek Gratis
Dalam postingan tersebut juga disampaikan tarif resmi penderekan kendaraan tersebut. Untuk golongan I, tarif awal adalah Rp. 100.000 dan tarif per kilometer mencapai Rp 8.000. Sementara untuk kendaraan non golongan I, maka tarif awal adalah Rp 135.000 dan tarif per kilometer adalah Rp 10.000. Sayangnya tidak dijelaskan pada postingan tersebut, bagaimana metode pembayaran dan kepada siapa uang harus diserahkan.

Dengan ini maka diharapkan pemilik kendaraan yang sedang mengalami musibah seperti kendaraan rusak atau bahkan kecelakaan dapat menghitung biaya tambahan untuk segera dikeluarkan. Dengan demikian diharapkan tidak lagi merasa dipermainkan oleh petugas derek karena memang ada tarif resmi dari pihak pengelola tol.

Guna menghindari hal tersebut, disarankan untuk tetap melakukan perawatan rutin sehinggga kondisi kendaraan tetap optimal saat digunakan. Hal ini dapat mengurangi risiko mengalami kerusakan saat di jalan tol.

Selain itu, pastikan untuk tetap berhati-hati dalam berkendara untuk menghindari kecelakaan yang tentunya sangat merugikan. Terlebih, risiko kecelakaan di jalan tol cukup tinggi dengan jumlah kematian yang tidak bisa dikatakan sedikit.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk memiliki asuransi kendaraan yang memberikan layanan derek. Dengan demikian, bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kendaraan dapat dijemput gerbang tol terdekat oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar