Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daihatsu Konsisten Tetap Tak Banting Harga Meski Pasar Turun

Berita Otomotif

Daihatsu Konsisten Tetap Tak Banting Harga Meski Pasar Turun

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan diskon besar atau banting harga untuk memperbaiki kondisi pasar otomotif di Indonesia.

Saat ini, penjualan mobil baru di Indonesia memang tengah menurun. Penjualan yang diharapkan bisa meningkat setelah Pemilihan Presiden ternyata tidak sepenuhnya terjadi. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada September lalu pun akhirnya memutuskan untuk menurunkan target penjualannya menjadi hanya 1 juta unit dari sebelumnya 1,1 juta unit.

Kondisi yang buruk tersebut pun menyebabkan sejumlah APM melakukan beberapa strategi penjualan, termasuk dengan memberikan diskon kendaraan. Hal tersebut pun dilakukan pula oleh PT ADM, namun besarannya diklaim masih kecil. Ini dilakukan untuk menghindari tingginya angka NPL di leasing.

“Lihat saja, diskon Daihatsu itu lebih rendah dari merk lain. Kenapa? Karena kalau dipaksakan nanti justru dapat konsumen yang tidak sehat. Kalau tidak sehat, banyak mobil yang ditarik, NPL tinggi dan leasing bisa rugi. Kalau mereka rugi nanti tidak bisa membeli mobil baru lagi. Kami ingin kalau memang memberi diskon itu sewajarnya dan konsumen memang mampu beli,” tegas Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Meski demikian, Ia mengakui bahwa pihaknya tidak ikut campur dalam penentuan besaran diskon kendaraan. Mekanisme pemberian diskon merupakan hak dar dealer yang menjual kendaraan tersebut langsung ke konsumen.

“Masing-masing (diskon) diatur dealer. APM tidak ikut (campur). Mereka biasa melakukan diskon sesuai dengan kemampuan. Jadi tidak ada banting-bantingan harga,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang