Daihatsu Konsisten Tetap Tak Banting Harga Meski Pasar Turun

Berita Otomotif

Daihatsu Konsisten Tetap Tak Banting Harga Meski Pasar Turun

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan diskon besar atau banting harga untuk memperbaiki kondisi pasar otomotif di Indonesia.

Saat ini, penjualan mobil baru di Indonesia memang tengah menurun. Penjualan yang diharapkan bisa meningkat setelah Pemilihan Presiden ternyata tidak sepenuhnya terjadi. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada September lalu pun akhirnya memutuskan untuk menurunkan target penjualannya menjadi hanya 1 juta unit dari sebelumnya 1,1 juta unit.

Kondisi yang buruk tersebut pun menyebabkan sejumlah APM melakukan beberapa strategi penjualan, termasuk dengan memberikan diskon kendaraan. Hal tersebut pun dilakukan pula oleh PT ADM, namun besarannya diklaim masih kecil. Ini dilakukan untuk menghindari tingginya angka NPL di leasing.

“Lihat saja, diskon Daihatsu itu lebih rendah dari merk lain. Kenapa? Karena kalau dipaksakan nanti justru dapat konsumen yang tidak sehat. Kalau tidak sehat, banyak mobil yang ditarik, NPL tinggi dan leasing bisa rugi. Kalau mereka rugi nanti tidak bisa membeli mobil baru lagi. Kami ingin kalau memang memberi diskon itu sewajarnya dan konsumen memang mampu beli,” tegas Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Meski demikian, Ia mengakui bahwa pihaknya tidak ikut campur dalam penentuan besaran diskon kendaraan. Mekanisme pemberian diskon merupakan hak dar dealer yang menjual kendaraan tersebut langsung ke konsumen.

“Masing-masing (diskon) diatur dealer. APM tidak ikut (campur). Mereka biasa melakukan diskon sesuai dengan kemampuan. Jadi tidak ada banting-bantingan harga,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support