Suzuki XL7 Diprediksi akan Lebih Disukai oleh Kaum Hawa

Mobil Baru

Suzuki XL7 Diprediksi akan Lebih Disukai oleh Kaum Hawa

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melihat bahwa konsumen XL7 akan didominasi oleh perempuan.

Dominasi perempuan tersebut akan membedakan segmen pasar Suzuki XL7 dengan Ertiga. Hal ini disampaikan oleh Donny Saputra, Head of Marketing 4W PT SIS di sela-sela peluncuran Suzuki XL7 di salah satu hotel di Jakarta Timur.

“Karakteristik demografis dan psikografis antara pembeli LMPV dengan LSUV berbeda. Dari sudut pandang demografis, pembelinya sekitar 50 persen adalah additional dan replacement. Kalo Ertiga kan 70 persen adalah first car buyer. Kedua, gender wise. Kalau Ertiga 70-80 persen adalah pengguna laki-laki, kalu di LSUV adalah perempuan. Jadi kontribusinya agak berbeda,” ungkapnya.

Kondisi tersebut membuat konsumen memiliki penilaian berbeda. Menurutnya, pembeli LMPV memiliki pandangan fungsional-rasional sementara LSUV berpandangan Fungsional-Emosional. Inilah yang membuat Suzuki XL7 akan lebih dikuasai perempuan.

“LSUV itu banyak persempuan, sehingga lebih banyak masukan dari perempuan sehingga antara fungsional sudah tidak rasional lagi. Kalau laki-laki itu lebih fungsional rasional, kalau perempuan itu lebih ke fungsional emosional. Sehingga secara konsumen pun agak berbeda,” terangnya.

Tak hanya itu, usia konsumen antara Suzuki Ertiga dengan XL7 juga akan berbeda. Berdasarkan data yang dimili olehnya, pelanggan LMPV umumnya berusia sampe 35 tahun. Sementara pelanggan LSUV dikisaran 35-40 tahun.

“Kenapa bisa begitu? Karena saat mereka pertama beli mobil biasanya melalui LMPV atau LCGC. Kemudian saat mereka menggantu atau menambah mobil, mereka ke LSUV. Dan usia mereka ketika itu sudah naik jadi 35 atau 40. Tidak hanya umur, tingkat pendapatan pun berbeda sehingga membuat sudut pandang juga berbeda,” terangnya lagi.

Kondisi-kondisi tersebut membuat Suzuki yakin bahwa meski akan ada kanibal antara Suzuki Ertiga dengan XL7, jumlahnya tidak akan signifikan. Dengan demikian, kehadiran Suzuki XL7 tetap bisa mendongkrak jumlah penjualan Suzuki di masa depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support