Suzuki Tunggu Semester Kedua untuk Luncurkan Kendaraan Penumpang

Berita Otomotif

Suzuki Tunggu Semester Kedua untuk Luncurkan Kendaraan Penumpang

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales menegaskan akan meluncurkan beberapa mobil baru pada pada semester kedua 2021.

Hal ini diungkapkan oleh Donny Saputra, Marketing Director 4-Wheel PT SIS beberapa waktu lalu. Ia mengatakan pada semeseter kedua, pihaknya akan langsung meluncurkan beberapa ubahan facelift khususnya pada mobil penumpang.

“Di 2021 ini kami berendana untuk menyegarakan produk-prouk kami yang diproduksi di Indonesia. Itu kata kuncinya. Di awal bulan kami sudah meluncurkan kendaraan komersiao, di semester kedua kami berencana untuk menyegarakan kendaraan penumpang. Hanya saja saya tidak bisa menjawab detail modelnya apa,” tegasnya.

Selama ini, Suzuki memang selalu menyegarkan produknya kendaraan penumpang di awal tahun, khsuusnya Suzuki Ertiga. Penyegaran tak melulu ubahan namun kadang ada juga penambahan model baru.

Salah satunya adalah yang terjadi pada 2020. Ketika itu, Suzuki memilih untuk langsung meluncurkan Suzuki XL7 di bulan Februari 2020 yang hadir sebagai low SUV dan menjadi andalan serta salah satu tulang punggung penjualan. Sementara Suzuki Carry pick up baru mendapatkan penyegaran pada Maret 2020.

Suzuki

Tak berhenti di sana, Suzuki kembali meluncurkan Suzuki Ignis pada 9 April 2020 dan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition pada 10 Oktober 2020. Keempat kendaraan baru tersebut cukup efektif untuk mendongkrak market share Suzuki di Indonesia.

Sepanjang 2020, Suzuki Indonesia berhasil meningkatkan pangsa pasarnya di Tanah Air. Dengan wholesales sebanyak 66.130 unit, Suzuki berhasil mencatatkan peningkatan pangsa pasar sebesar 2,7% sehingga menjadi 12,4%. Sedangkan untuk retail sales, penjualan menembus angka 72.389 unit sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,66% menjadi 12,5%.

Kontribusi terbesar penjualan Suzuki di tahun 2020 didominasi produk yang dirakit secara lokal dan mencapai hingga 91% dari total penjualan nasional Suzuki. Tentu tidak heran bila Suzuki akan memilih untuk menyegarkan kendaraan yang diproduksi lokal lebih dulu.

“Yang jelas, di semester kedua rencananya kami akan ada penyegaran kendaraan penumpang. Tapi saya tidak bisa mengatakan apakah ini model baru atau penambahan varian kendaraan,” pungkas Donny. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar