Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki Swift Dapat Catatan Kurang Memuaskan Saat Uji Tabrak Global NCAP

Berita Otomotif

Suzuki Swift Dapat Catatan Kurang Memuaskan Saat Uji Tabrak Global NCAP

LONDON – Suzuki Swift generasi terbaru versi India hanya berhasil meraih dua bintang keselamatan dari Global NCAP.

Hasil tersebut terbilang kurang memuaskan mengingat Suzuki Swift merupakan salah satu model terlaris khususnya di India. Namun, mobil hasil produksi Maruti Suzuki India tersebut tampaknya masih harus mendapat banyak pengembangan.

Sebenarnya, Suzuki Swift telah mendapat banyak pengembangan dari fitur keselamatannya. Kehadiran isofix dan dual airbag sebagai standard merupakan contoh pengembangan yang terbilang baik.

Namun Global NCAP menemukan bahwa kinerja kedua fitur tersebut kurang apik. Apalagi bila kinerjanya dibandingkan dengan kendaraan Eropa yang telah mendapatkan fitur side body and curtain airbags dan Electronic Stability Control (ESC) sebagai standard.

“Suzuki Swift versi India kurang memuaskan perfomanya di frontal crash test dan menawarkan lebih sedikit fitur keselamatan seperti tidak adanya side body and curtain airbags serta Electronic Stability Control (ESC) yang merupakan standard Eropa. Di versi India, fitur tersebut bahkan tidak ditawarkan sebagai optional,” ungkap Global NCAP dalam laporannya.

Suzuki Swift juga sebenarnya menawarkan perlindungan yang baik untuk kepala dan leher pengemudi serta penumpang depan. Namun, hatchback ini masih belum mendapatkan ABS yang menyebabkan hasil uji tabrak kurang memuaskan.

Meski secara umum kurang memuaskan, namun Alejandro Furas, Global NCAP Technical Director mengapresiasi hadirnya fitur keselamatan baru di Suzuki Swift versi India. Hal ini menujukkan bahwa seiring berjalannya waktu, keselamatan berkendara semakin mendapat perhatian.

“Suzuki Swift terbaru yang dijual di India telah mendapat peningkatan dan sangat baik melihat hadirnya dual airbag sebagai standard. Ini menunjukkan efek postif atas adanya regulasi baru terkait crash test dari Pemerintah India. Namun bila melihaat Suzuki Swift di Eropa dan Jepang, perfoma keselamatannya lebih baik. Jadi kami ingin berharap lebih banyak dari Maruti Suzuki,” pungkasnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang