Suzuki Indonesia Punya Inovasi Baru pada Semester Kedua

Berita Otomotif

Suzuki Indonesia Punya Inovasi Baru pada Semester Kedua

BOGOR – Suzuki pada semester kedua nanti bakal punya inovasi baru untuk pelayanan purnajual mereka di Indonesia.

Service Head 4W PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Totok Yulianto menjelaskan pihaknya kini sedang mengembangkan sistem yang membuat para konsumen dapat memantau perbaikan bodi dan cat mobil mereka melalui internet. Dengan demikian, pemilik kendaraan Suzuki bisa mengetahui sejauh mana perkembangan pembetulannya meski dari jarak jauh.

“Pengerjaan bodi dan car ini, kan, tidak bisa selesai dalam waktu cepat. Memang, kami punya Express Body and Paint yang hanya memakan waktu 3 – 4 jam. Tapi, untuk kecelakaan berat, butuh setidaknya 3 – 7 hari,” kata Totok kepada Mobil123.com di sela-sela seminar Forum Wartawan Otomotif, akhir pekan lalu di Bogor, Jawa Barat.

Suzuki sendiri kini sudah memiliki 32 bengkel bodi dan cat di seluruh Indonesia yang sesuai dengan standar mereka. Adapun jumlah bengkel resmi Suzuki telah mencapai 195 outlet di seluruh Indonesia.

“Nantinya konsumen bisa masuk ke sistem dan bisa memonitor sampai mana kemajuan mobil mereka di bengkel bodi dan cat. Apa masih didempul, sudah persiapan pengecatan, atau sudah  dicat. Saat ini sistemnya masih dalam pengembangan. Semester kedua selesai,” papar Totok lagi.

Pada Januari lalu, Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra sempat mengatakan bahwa masuknya pabrikan-pabrikan Cina yang menawarkan mobil berharga murah membuat para pemain di industri ini saling adu layanan purnajual. Pasalnya, konsumen mobil di segmen harga Rp 200 jutaan atau di bawahnya masih cenderung menjadikan aspek ini sebagai salah satu penentu dalam melakukan pembelian.

Pabrikan-pabrikan Cina sendiri terbilang berani dalam menyusun program purnajual. Salah satu contoh terkini adalah garansi tujuh tahun atau 150 ribu km yang diberikan Dongfeng Sokon.

Garansi tersebut mencakup seluruh kendaraan dan mesin, semua komponen heavy-duty bernilai tinggi mulai dari ECU, sistem kemudi EPS, evaporator AC, radiator, dan lain-lain. Wuling, di sisi lain, berikan garansi lima tahun bagi mesin serta tiga tahun untuk bodi. 

Salah satu program purnajual andalan Suzuki yang dikedepankan Suzuki adalah ‘Halo Suzuki’. Saluran telepon ini dapat diakses 24 jam tanpa pulsa.

“Konsumen bisa telepon untuk booking service, ketika perlu informasi di jalan, mau tahu soal produk dan harga, atau saat kondisi darurat. Misalnya ketika aki habis, tinggal  telepon, Kami nanti akan  kontak bengkel terdekat lalu kirim teknisi. Bahkan kalau misalnya mogok dan enggak bisa diselesaikan di tempat kami berikan free towing selama masa garansi ke bengkel resmi terdekat atau bengkel resmi yang diminta,” ucap Totok. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual