Suzuki: PHK adalah Jalan Terakhir

Berita Otomotif

Suzuki: PHK adalah Jalan Terakhir

JAKARTA - Situasi yang tidak menentu menimbulkan keresahan di berbagai kalangan. Pemutusan hubungan kerja (PHK) menghantui banyak pabrik.

Namun Suzuki menegaskan hingga saat ini tidak akan melakukan PHK terhadap para karyawannya. Ketakutan akan PHK itu memang kuat terasa, terutama di lini-lini produksi. Seperti di pabrik, misalnya.

Namun, menurut Deputy 4W Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J. Tuilan, PHK adalah jalan terakhir. Masih banyak yang bisa dilakukan untuk menekan biaya tanpa perlu PHK.

"Ada banyak jalan untuk mengurangi fixed cost. Misalnya saja iklan kita kurangi," jelasnya.

Dia lalu memaparkan kalau kondisi nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dollar memang menjadi ancaman. Tapi dia mengatakan kalau berbagai komponen yang Suzuki impor ke Indonesia tidak melulu menggunakan dollar sebagai media transaksi.

"Impor tidak selalu dollar. Ada yen, ada rupiah," katanya.

Kenaikan dollar pun, lanjutnya, masih bisa diatasi bila perusahaan fleksibel mengatur neraca keuangannya. Bahkan, Davy mengatakan kalau sampai dollar menyentuh angka Rp 14.500 saja, Suzuki masih kuat bertahan. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual