Suzuki Pastikan Berpisah dengan VW

Berita Otomotif

Suzuki Pastikan Berpisah dengan VW

TOKYO - Suzuki memastikan akan memisahkan diri dari Volkswagen AG dengan mengatakan akan membeli kembali sahamnya sebesar 19,9 persen dari VW setelah pengadilan arbitrase internasional menyelesaikan perselisihan antara kedua perusahaan otomotif ini.

Dilansir Reuters, pada 2011 Suzuki mengajukan permohonan pada arbitrase internasional, setelah Volkswagen AG menolak untuk menjual kembali saham Suzuki. Akhir pekan lalu, nilai saham tersebut sudah mencapai US$ 3,8 miliar. VW membeli saham Suzuki senilai US$ 1,9 miliar pada 2010 lalu.

Namun kedua perusahaan mengatakan menyambut baik penyelesaian yang ditawarkan oleh Mahkamah Internasional Arbitrase dari International Chamber of Commerce.

"Dulu merasa seolah-olah tulang kecil terjebak di tenggorokan," kata Osamu Suzuki, Suzuki Chairman and Chief Executive. "Tapi sekarang saya merasa sangat lega." Suzuki mengatakan keputusan ini tidak akan berdampak pada pendapatan setahun ke depan.

Kejadian ini bermula saat VW menyebarluaskan pelanggaran Suzuki terhadap Kerangka Kesepakatan (Framework Agreement) mereka kepada media pada 11 September 2011 silam.

Saat itu, VW merasa Suzuki telah 'selingkung' dengan Fiat karena menggunakan mesin diesel dari Fiat Powertrain Technologies. Suzuki pun tidak terima dengan tuduhan tersebut. Suzuki merasa tidak melanggar kerjasama yang telah disepakati akhir 2010 dengan VW. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support