Suzuki Nex Crossover, Skutik Murah untuk Light Offroad

Berita Otomotif

Suzuki Nex Crossover, Skutik Murah untuk Light Offroad

BOGOR – Suzuki Nex Crossover bisa menjadi pilihan para penyuka skutik petualangan. Diluncurkan pada November 2020, harga Suzuki Nex Crossover nyaris 18 juta rupiah.

“Model baru kami ini menggunakan basis Suzuki Nex II dengan sejumlah ubahan atau modifikasi. Sebagai skutik crossover, pengendaranya bisa membawa ke lintasan aspal dan offroad ringan,” kata Sutisna Senjaya, Marketing & Logistic 2W PT Suzuki Indomobil Sales, pada hari ini (2/12), di Bogor.

Berikut ini adalah deretan ubahan Suzuki Nex Crossover dibandingkan saudaranya:

  • Penggunaan naked handle bar (setang telanjang) yang diklaim lebih ergonomi dan nyaman dalam posisi berkendara
  • Digital Instrument Cluster yang lebih modern dan informative. Informasi-informasi yang disajikan oleh digital instrument cluster berupa kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu
  • Lapisan jok dengan kombinasi warna dual-tone yang baru, lebih atraktif dan tidak membosankan
  • Penggunaan aksen merah pada brake caliper dan rear spring (pegas belakang) memberikan aksen unik dan dinamis
  • Penggunaan ban berjenis dual purpose bertapak lebar dan tubeless. Ukuran masih sama seperti Suzuki Nex II 80/90-14 untuk depan dan belakang

suzuki nex crossover

Suzuki menyediakan 2 pilihan warna di skutik irit BBM ini yaitu:

  1. Stronger Red-Titan Black
  2. Solid Black

Suzuki Nex Crossover menganut mesin SEP (Suzuki Eco Performance) 115cc, 1-cylinder, SOHC (Single Over Head Camshaft) dan teknologi FI (Fuel Injection). Mesin yang memadukan performa terbaik dengan efisiensi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) ini bertenaga 9,26 HP. Berkat teknologi Suzuki Easy Start System, mesin lebih mudah dihidupkan.

Modifikasi di bagian setang membuat skutik adventure ini menjadi lebih tinggi 10 mm  menjadi 1055 mm) dan lebih lebar 90 mm menjadi 765 mm dibandingkan Suzuki NEX II. Bobotnya bertambah 1 kg menjadi 94 kg.

Lampu depan masih menganut bohlam biasa, sementara lampu rem LED. Terdapat dua kantung di depan dan bagasi kecil di bawah jok.

Saat ini, skutik irit BBM Suzuki ini berhadapan dengan Honda BeAT Street dan Yamaha XRide. Suzuki menyatakan ground clearance andalannya paling tinggi di kelasnya, 115 mm.

Kini kita lihat dari sisi harga. Harga Suzuki NEX Crossover Rp 17,990 juta. Sedangkan Harga Honda BeAT Street Rp 17,150 juta dan harga Yamaha XRide Rp 18,690 juta. [Idr]

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar