Suzuki Nex Crossover Lahap Lumpur dan Aspal

Review

Suzuki Nex Crossover Lahap Lumpur dan Aspal

BOGOR – Suzuki Nex Crossover didaulat sebagai sebuah Skutik (skuter otomatik) yang sanggup melahap lintasan aspal dan medan offroad ringan. Salah satu daya tariknya adalah harga yang tidak mencapai 18 juta rupiah.

Sepanjang beberapa kilometre, Mobil123.com sempat mengendarainya di lintasan mulus mendaki dan perbukitan di kawasan Sentul City, kabupaten Bogor, pekan lalu.

Kehadirannya pada November 2020 sebagai penantang Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride 125 di segmen compact crossover scooter.

Fitur Suzuki Nex Crossover

Secara umum, desainnya sama dengan Suzuki Nex II yang menjadi basisnya, namun sejumlah perbedaan kita bisa langsung temukan:

  1. Nude handle bar (setang telanjang), di mana lebih ergonomi dan nyaman dalam posisi berkendara
  2. Digital instrument cluster yang lebih modern dan informative dengan informasi-informasi yang disajikan adalah kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu. Sementara meter cluster Suzuki NEX II masih analog
  3. Lapisan jok dual-tone color
  4. Aksen merah ditemukan di brake caliper dan rear spring (pegas belakang)
  5. Penggunaan ban berjenis dual purpose bertapak lebar dan tubeless. Ukuran masih sama seperti Suzuki Nex II 80/90-14 untuk depan dan belakang

FITUR SUZUKI NEX CROSSOVER

Di bawah setang terdapat sepasang kantong. Satu kantong terdapat USB port untuk mengisi daya smartphone.

Sayangnya, model ini masih menggunakan headlight bohlam non-LED meski lampu rem LED. Volume di bawah jok pun sama seperti Suzuki NEX II yang sangat kecil.

Spesifikasi Dimensi Suzuki Nex Crossover

PT Suzuki Indomobil Motor – produsen mobil dan motor Suzuki di Indonesia – tidak mengubah ground clearance, masih 115 mm. Bobotnya bertambah 1 kg menjadi 94 kg.

Namun dengan baru membuat lebar motor secara keseluruhan bertambah dari 675 mm menjadi 765 mm. Ketinggian motor pun menjadi 1.055 mm dari 1.045 mm.

Test Ride Suzuki Nex Crossover

Mesinnya masih sama dengan saudaranya, 113cc, 1-silinder, 2-valve, SOHC, fuel injection, yang mengandalkan sistem pendinginan udara.

Saat di jalan raya suspensinya terasa cukup empuk. Response throttle tidak terlalu responsif namun bisa menjawab tantangan kami ketika di lintasan datar dan menanjak di Sentul City.

SUZUKI NEX CROSSOVER

Di medan offroad ringan – kami melewati kerikil, tanah basah, kubangan dan kering, aspal rusak – menanjak dan menurun, kami mendapat keuntungan dari response throttle yang tidak terlalu responsive. Kami tidak kehilangan momen ketika terjebak di beberapa kubangan dan tanah basah. Seperti kita ketahui dua bannya semi-offroad.

Yang tidak kalah penting adalah jok Suzuki Nex Crossover yang empuk sehingga membuat nyaman pengendara dan pembonceng ketika berkendara. Bahkan joknya lebih embuk dibandingkan Suzuki Nex II.

Secara keseluruhan skutik crossover ini cukup memuaskan, dan bahkan nyaman dikendarai.

Harga Suzuki Nex Crossover

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) – distributor resmi mobil dan motor Suzuki di Indonesia – melepas Suzuki Nex Crossover dengan harga Rp 17,990 juta. Pilihan warnanya terbatas:

  • Stronger Red-Titan Black
  • Solid Black

Sementara harga dua kompetitornya, Honda BeAT Street Rp 17,150 juta dan Yamaha XRide Rp 18,690 juta. Meski harganya terjepit, namun model ini bisa menjadi pilihan menarik. [Idr]

 

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar