Kembaran Suzuki Carry, Mitsubishi T120SS Belum Ada Rencana Diproduksi Lagi

Berita Otomotif

Kembaran Suzuki Carry, Mitsubishi T120SS Belum Ada Rencana Diproduksi Lagi

JAKARTA - Suzuki menyatakan bahwa pihaknya hingga kini belum memiliki rencana membuat lagi Carry versi Mitsubishi di Indonesia.

Sekadar mengingatkan, kedua pabrikan ini pernah berkolaborasi membuat Mitsubishi T120SS, dengan basis Suzuki Carry. Namun, kerja sama yang berlangsung sejak 1997 itu berhenti pada awal 2019.

Mitsubishi akhirnya tidak lagi membuat T120SS dan mengalihkan para konsumen ke L300. Adapun produksi T120SS selama sekitar 22 tahun sudah mencapai lebih dari 300 ribu unit.

Suzuki sendiri baru saja meluncurkan All-New Suzuki Carry, yang memakai mesin sama dengan Suzuki Ertiga maupun Suzuki Jimny, di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, 25 April - 5 Mei di JIExpo Kemayoran. Ini sekaligus menjadi penampilan perdana mobil pick up kecil tersebut di seluruh dunia.

Shuji Oishi, Managing Officer Global Automotive Marketing Suzuki Motor Corporation, ketika menghadiri debut global Carry generasi terbaru menjelaskan bahwa sampai sekarang belum ada komunikasi dengan Mitsubishi untuk bekerja sama kembali menggunakan model itu.

“Untuk saat ini belum ada rencana ke sana. Belum ada rencana join dengan merek lain (Mitsubishi),” ucap dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers.

Carry merupakan mobil pertama yang Suzuki rakit di Tanah Air, yaitu sejak 1976. Hingga detik ini, model tersebut menjadi tulang punggung utama penjualan mereka di pasar otomotif Nusantara.

Carry termutakhir diproyeksikan terjual paling sedikit 5.000 unit setiap bulannya, dengan ekspor 7.500 unit sampai akhir tahun nanti. Volume tersebut adalah setengah dari rata-rata penjualan seluruh model roda empat dari merek itu di negeri ini.

Selain menggunakan mesin yang sama dengan Ertiga maupun Jimny, All-New Carry berdimensi lebih besar dan mempunyai daya angkut lebih banyak. Suspensinya diperkuat pula agar lebih tangguh.

Ruang kabin diklaim lebih lega dan mempunyai fitur pendingin udara. Fitur keselamatan terbarunya adalah Immobilizer yang selama ini hanya terlihat di mobil-mobil penumpang (passanger car). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar