Suzuki Kembangkan Mesin Paling Irit di India

Berita Otomotif

Suzuki Kembangkan Mesin Paling Irit di India

NEW DELHI - Mesin kecil semakin dicari di India. Alasannya hemat bahan bakar minyak. Karena itu banyak pabrikan mobil mengembangkan mesin kecil salah satunya Suzuki

Suzuki Motor Corporation telah mengembangkan mesin diesel 2-silinder berkode E08A. Mesin cocok untuk mobil-mobil berukuran kompak. Menurut rencana, mesin ini akan dipasang pada Suzuki Celerio yang akan diluncurkan di India.

Mesin ini adalah salah satu dari tiga mesin diesel yang dibuat oleh Suzuki. Sebelumnya Suzuki sudah mengembangkan mesin diesel 1.300 cc dan 2.000 cc. Namun dua mesin itu diproduksi di bawah lisensi merek produsen lain.

Dalam keterangan resmi Suzuki mesin ini menggunakan bahan aluminum. Suzuki juga telah melengkapinya dengan turbocharger untuk mesin 2-silinder ini. Dengan menurunkan rasio kompresi dan memasang intercooler besar maka torsi yang dihasilkan mesin cukup besar meski putaran mesin rendah.

Mesin ini diakui mampu meminimalkan getaran saat menggerakkan roda depan. Suzuki juga menambahkan bahan penyerapan suara, dan lain-lain untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Suzuki menjelaskan konsumsi BBM mesin diesel ini saat digunakan Celerio adalah 1 untuk jarak 27,62 km.

Tipe mesin : 2-silinder DOHC 8 Valve intercooler turbo
Displacement:     793 cm3
Bore x Stroke (mm): 77.0 x 85.1
Rasio kompresi: 15.1
Tenaga (kW/rpm) : 35/3,500
Torsi (Nm/rpm):    125/2,000 [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support