Suzuki Jimny Lite Meluncur Tahun Ini! Harga Lebih Rendah, Fitur Dikurangi

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Lite Meluncur Tahun Ini! Harga Lebih Rendah, Fitur Dikurangi

CANBERRA – Suzuki Jimny Lite, varian Jimny terbaru yang lebih murah, segera hadir. Sayang, peluncurannya baru dipastikan terjadi di Australia.

Nama variannya, seperti dilaporkan Autocar India beberapa waktu lalu, adalah Jimny Lite. Ini merupakan usaha Suzuki untuk mengurangi inden Jimny di ‘Negeri Kangguru’ yang bisa mencapai satu tahun.

Sebagai varian dengan harga lebih terjangkau, tentu saja kelengkapan maupun fitur di Jimny Lite lebih minim. Lampu depannya bukan LED melainkan halogen projector dan lampu kabut ditiadakan.

Keempat peleknya diganti dari alloi menjadi baja warna hitam berukuran 15 inci. Outside Rear View Mirror (ORVM) alias kaca spionnya kelak juga menggunakan penutup plastik.

Suzuki Jimny

Dari sisi fitur, Head Unit 7 Inci SmartPlay Infotainment yang ada pada Jimny di Australia juga dipreteli. Suzuki menggantinya dengan Head Unit 2DIN dengan kemampuan lebih standar.

Sisi teknis, untungnya, tidak diutak – atik. Dapur pacu Jimny Lite masih bakal mengusung mesin bensin 1.5-liter yang sama.

Sekadar mengingatkan, mesin tersebut menggelontorkan tenaga maksimal 102 hp. Sebagai padanannya, diberikan transmisi manual lima percepatan.

Tetap terdapat pula drive gear untuk mengganti sistem penggerak dari dua roda (two wheel drive) menjadi empat roda (all wheel drive).

Suzuki Jimny di medan off-road

Jimny Lite dikabarkan masih bakal diproduksi di Jepang. Sejauh ini, baru Australia yang disebut bakal mendapatkannya.

Unit dijual di negara tetangga Indonesia tersebut mulai Agustus 2021.

Suzuki, pabrikan asal ‘Negeri Matahari Terbit’ yang punya spesialisasi di mobil – mobil kompak, dikabarkan berencana membuat beberapa varian Jimny.

Di samping Jimny Lite, masih ada lagi isu Jimny lima pintu dengan wheelbase/sumbu roda panjang (long wheelbase) dengan dua opsi dapur pacu yaitu mesin konvensional turbo atau mesin mild hybrid hasil pengembangan Suzuki.

Tadinya, Jimny 5 pintu direncanakan menjalani debut global dalam Tokyo Motor Show (TMS) 2021, bersamaan dengan keluarnya Jimny facelift. Akan tetapi, salah satu pameran otomotif bergengsi dunia tersebut pada tahun ini dibatalkan karena pandemi Covid-19, sehingga jadwal perkenalan Jimny 5 pintu dan Jimny facelift pun ikut mundur. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar