Suzuki Jimny Akhirnya Dirakit di India dan Mulai Diekspor

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Akhirnya Dirakit di India dan Mulai Diekspor

NEW DELHI – Maruti Suzuki India mulai memproduksi dan mengekspor Jimny ke Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika.

Sebagai anak perusahaan Suzuki Motor Corporation, Maruti Suzuki India Limited telah memulai langkah baru. Suzuki Jimny yang diproduksi di pabrik mereka di Gurgaon, India, dikatakan melalui situs resmi Suzuki Global, memiliki spesifikasi yang sama dengan selama ini di Pabrik Kosai, Jepang.

Dikatakan bahwa sebanyak 184 unit Suzuki Jimny buatan negeri Bollywood tersebut akan dikirim dari pelabuhan Mundra, India. Tujuannya adalah ke negara-negara di Amerika Latin seperti Kolombia dan Peru.

"Jimny akan memenuhi aspirasi pelanggan di seluruh dunia. Jimny yang diproduksi di pabrik Gurugram Maruti Suzuki memiliki spesifikasi yang sama dengan model ekspor yang diproduksi di pabrik Kosai Suzuki Motor Corporation di Jepang. Kami yakin dengan Jimny kami akan dapat meningkatkan ekspor kami secara keseluruhan,” ucap Kenichi Ayukawa, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited.

Dengan bertambahnya produksi di India, Suzuki berniat untuk memperkuat struktur produksi globalnya. Hal ini guna membuat produk-produk Jimny, bisa datang ke tangan konsumen sedini mungkin. Di Indonesia sendiri permintaan Jimny sangat banyak hingga mengakibatkan antrian cukup panjang.
Suzuki Jimny Produksi India

India dikatakan merupakan salah satu pusat produksi Suzuki yang paling banyak melakukan kegiatan ekspor. Dengan melakukan ekspor dari India, Suzuki juga ikut mengembangkan ekonomi dan aktivitas India.

Sebelumnya, Suzuki Motor Corporation hanya memproduksi Jimny di Jepang. Kemampuan produksinya pun sat ini hanya 50.000-55.000 unit Jimny setiap tahun. Setelah unit India mulai memproduksinya, volume diharapkan melonjak tiga kali lipat.

Suzuki Jimny memiliki panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Radius putarnya 4,9 meter sehingga memudahkan pengemudi bermanuver.

Suzuki membekalinya dengan mesin K15B dengan tenaga 102 hp pada 600 rpm dan bertorsi 130 Nm pada 4000 rpm. Dapur pacu ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar