Suzuki Jimny Akhirnya Resmi Dilarang Dijual di Inggris Karena Masalah Emisi

Berita Otomotif

Suzuki Jimny Akhirnya Resmi Dilarang Dijual di Inggris Karena Masalah Emisi

LONDON - Suzuki Jimny dilarang dijual di Inggris karena tidak lolos standar emisi gas buang.

Akhirnya kejadian juga. Masalah Suzuki Jimny generasi keempat bakal dicekal di Inggris sudah Mobil123.com beritakan sebelumnya. Dan ini sepertinya akan terjadi tidak hanya di Inggris, tapi bakal terjadi di daratan Eropa. Jerman salah satu negara yang akan melarang peredaran salah satu mobil offroad terbaik ini karena masalah emisi gas buang.

Untuk diketahui, mulai 2021, semua mobil yang dijual di Eropa wajib memiliki rata-rata angka emisi gas buang 95 gram/kilometer CO2. Sementara Jimny dilengkapi mesin bensin 4 silinder berkode K15B berkapasitas 1.5-liter dengan angka emisi gas buang 154 g/km CO2 untuk transmisi manual dan transmisi otomatis  170 g/km CO2. 

"Jimny akan stop dijual, unit hanya tinggal yang ada di dealer dan terbatas untuk memenuhi pelanggan hingga 4-5 bulan ke depan," kata juru bicara Suzuki di Inggris seperti dikutip Autocar.


Sejatinya kondisi ini bisa berubah. Dan sedikitnya ada 2 "pintu" atau cara yang bisa dilakukan Suzuki agar Jimny bisa tetap dijual di Inggris atau daratan Eropa.

Yang pertama adalah masuk sebagai mobil komersial N1. Dikategori ini terdapat pengecualian dari standar gas buang yang makin ketat di Eropa. Dengan kondisi ini tentu Suzuki harus melakukan beberapa modifikasi, seperti penghilangan kursi baris belakang.

Harapan ini makin besar untuk terwujud jika Suzuki Jimny long sasis atau versi 5 pintu benar-benar jadi di produksi. Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa varian wheelbase lebih panjang sedang dibuat di India, namun hingga kini belum ada berita resmi kapan akan diluncurkan.

Cara lain tentunya adalah mengganti sumber tenaga dengan mesin hybrid 12 volt atau 48 volt. Namun hingga saat ini belum ada pembicaraan lebih lanjut terkait hal ini.

Atau Suzuki Inggris memang tenang-tenang saja karena mereka punya SUV andalan terbaru yakni Across. Mobil buah kerjasama Suzuki dengan Toyota atau disebut rebadge dari Toyota RAV4 ini akan menjadi andalan terbaru mereka melengkapi model-model yang masih beredar di Inggris yakni Ignis, Swift hatchback dan Swift Sport, Vitara juga S-Cross.   

Suzuki Across sendiri menjadi plug-in hybrid pertama Suzuki. Menggabungkan mesin 2.5-liter 4 silinder dengan dua motor listrik dan baterai 18.1 kWh.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui nasib Suzuki Jimny di daratan Eropa. Jika mengalami nasib yang sama tentu para penggemar fanatik di wilayah tersebut akan kehilangan salah satu SUV terpopuler di dunia. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar