Hati-Hati Gunakan AC di Suhu Rendah Saat Mengemudi Malam

Panduan Pembeli

Hati-Hati Gunakan AC di Suhu Rendah Saat Mengemudi Malam

JAKARTA – Suzuki mengingatkan pengemudi untuk waspada terhadap penggunaan AC di mobil saat malam hari.

Hal ini karena pemakaian AC di malam justru dapat menyebabkan rasa kantuk saat mengemudi. Dilansir dari website resmi Suzuki, suhu dingin bisa memicu pembuluh darah menyempit. Ini artinya asupan oksigen untuk bisa membuat otak bekerja juga akan sedikit sehingga tubuh akan merasa mengantuk.

Untuk itu mereka menyarankan agar suhu AC dijaga agar tidak terlalu dingin. Cukup pasang suhu agar tetap nyaman sehingga perjalanan tetap menyenangkan tanpa harus terganggu dengan rasa kantuk berlebihan.

Tak hanya itu, ketika beristirahat di mobil pastikan untuk menghindari tidur dengan AC menyala. Tujuannya adalah untuk menghindari keracunan gas karbon monoksida atau CO yang dapat mengakibatkan kematian.

Gas CO memiliki sifat yang lebih mudah diikat oleh tubuh ketimbang oksigen. Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen dan menyebabkan orang yang di dalam kabin mobil meninggal. Kejadian ini pun terbilang cukup banyak khususnya pada mobil-mobil berusia tua.

Dilansir dari Gulfnews, umumnya pengguna mobil mengakalinya dengan membuka jendela sedikit untuk sirkulasi udara. Namun menurut Dr Babu Shershad dari First Medical Centre, Dubai hal tersebut tetap saja berbahaya.

“Bahkan dengan jendela terbuka, gas CO dapat terakumulasi dengan tingkat yang lebih rendah dan pada akhirnya akan menurunkan oksigen dalam darah. Akibatnya, orang akan kehilangan cairan tubuh dalam waktu tertentu. Saya menyarankan agar pengguna mobil lebih baik keluar dari mobil untuk istirahat. Hindari juga tidur di dalam mobil,” terangnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar