Suzuki Ignis 2021: Harga Baru, Bekas, dan Spesifikasi

Panduan Pembeli

Suzuki Ignis 2021: Harga Baru, Bekas, dan Spesifikasi

Suzuki Ignis merupakan salah satu pilihan city car Indonesia. Harga dari mobil dengan spesifikasi mesin 1.2-liter ini sendiri tergolong murah, baik unit baru apalagi bekasnya.

Ignis merupakan satu dari sembilan model roda empat Suzuki untuk pasar otomotif Tanah Air. Selain Ignis, masih ada satu city car lain yaitu Karimun Wagon R.

Hanya saja, Karimun Wagon R menempati segmen khusus bernama low cost green car (LCGC). Segmen spesial ini berisi mobil – mobil berkapasitas mesin kecil yang mendapatkan insentif pajak dari pemerintah karena dirakit di dalam negeri dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tinggi, sesuai persyaratan dari pemerintah.

Model – model Suzuki lainnya adalah Ertiga (segmen low multi purpose vehicle/LMPV), XL7 (low sport utility vehicle (LSUV), Baleno (hatchback), SX4 S-Cross (medium SUV/crossover), Jimny (medium SUV), APV (LMPV), Carry (pikap ringan/kendaraan komersial ringan).

Artikel kali ini akan membahas mengenai kisaran harga terkini untuk Ignis baru, bekas, serta spesifikasinya untuk model year 2021.

Harga Suzuki Ignis Terbaru

 Ignis kini dipasarkan dalam dua varian dan empat tipe. Ada GL (MT, AGS) serta GX (MT, AGS).

City car ini merupakan salah satu model mobil Suzuki dengan harga masih Rp100 jutaan.

Suzuki Ignis 2021

Banderol termurahnya saat ini adalah Rp 170 juta-an. Adapun yang termahal Rp 200 juta lebih sedikit.

Berikut rincian harga Ignis ketika artikel ini naik tayang (April 2021) untuk on the road Jakarta, seperti dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia:

  • GL MT Rp175,5 juta
  • GL AGS Rp185,5 juta
  • GX MT Rp194,5 juta
  • GX AGS Rp204,5 juta

Tidak seperti salah satu kompetitornya yaitu Honda Brio RS, Ignis saat ini tidak mendapatkan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang pemerintah berikan sejak Maret – Desember 2021. Ini karena Suzuki masih mendatangkannya secara utuh (impor CBU/Completely Built Up) dari India sejak pertama kali meluncur pada 2017, sementara syarat untuk mendapatkan stimulus pemerintah di antaranya ialah rakitan lokal.

Harga Suzuki Ignis Bekas

Saat berita ini dibuat, iklan mobil bekas Suzuki di Mobil123.com berjumlah 3.472. Adapun iklan Ignis bekas adalah 265 di antaranya.

Unit tertua berasal dari tahun produksi 2017. Adapun unit termuda merupakan rakitan 2020.

Sejauh ini, belum ada unit dari tahun produksi 2021.

Ignis bekas sangat bisa menjadi pilihan bagi para pencari mobil dengan anggaran yang amat terbatas. Soalnya, harga pasarannya murah dan usia unit – unitnya pun masih bisa dikatakan muda.

Bagaimana tidak, pilihan unit sekennya dimulai dari di bawah Rp100 juta. Sementara, unit dengan harga tertinggi Rp150 jutaan.

Suzuki Ignis bekas 2017

Ignis bekas termurah di Mobil123.com saat artikel ini dipublikasikan hanya Rp99 juta, dengan Total Down Payment (TDP) amat ringan (Rp16 juta) serta tenor lima tahun serta angsuran Rp2.476.000 per bulan. Unit merupakan tahun produksi 2017.

Tipenya adalah GL MT, dengan warna bodi biru keperakan (Turquoise Blue). Unit berpelat B (registrasi Jakarta dan sekitarnya) tapi dijual oleh dealer yang berlokasi di Yogyakarta.

Ignis bekas termahal, di sisi lain, juga masih terbilang terjangkau. Harganya ialah Rp153 juta.

Suzuki Ignis bekas 2019

Tipenya GX AGS—opsi tertinggi dan termewah Ignis—dari tahun rakitan 2019. Warna bodinya oranye (Metallic Lucent Orange).

Unit tersebut dijajakan oleh dealer yang berlokasi di Surabaya, Jawa Tengah. Tenor kredit yang disediakan mencapai hingga enam tahun, tapi tidak disebutkan mengenai TDP atau pun cicilan per bulannya.

Spesifikasi Suzuki Ignis 2021

Suzuki Ignis 2021

  • Desain Eksterior dan Interior

Secara desain, Ignis masih mengusung konsep yang sama yaitu bercita rasa SUV, meskipun sejatinya mobil ini tetap sebuah city car. Tak heran, Suzuki Indonesia menyebutnya sebagai mini crossover untuk lebih menekankan nuansa SUV yang memang kental dari sisi ekterior.

Tampilan luarnya makin galak setelah versi facelift meluncur pada semester satu 2020 kemarin. Ada pembaruan di sisi desain gril depan, desain bemper depan dengan diffuser, penyematan lampu kabut dengan desai bezel baru, plus desain bemper belakang anyar.

Ciri khas lekukan serupa sirip hiu pada sisi samping belakang tetap dipertahankan. Ignis model terkini juga menggunakan pelek ban 15 inci dengan desain trapezoid.

Mulai varian GX, ada Roof Rail, LED Projector Headlamp with Day-time Running Light (DRL), Rear Window Demister.

Interior Ignis bernuansa hitam, dengan jok kursi dari material fabric. Paduan warna abu – abu terdapat pada dasbor serta pelapis atap kabin.

Pola jok dibedakan antara varian GL dengan GX. Kursi belakangnya bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40 untuk memperluas kapasitas bagasinya.

  • Dimensi, Wheelbase, Ground Clearance, Kaki – kaki

Sebagai sebuah city car, tentu saja dimensi bodi Ignis amat kompak. Panjangnya tak sampai 4 m, tepatnya adalah 3.700 mm.

Adapun lebar serta tingginya masing – masing ialah 1.690 mm dan 1.595 mm. Wheelbase atau jarak sumbu roda 2.435 mm.

Ground clearance Ignis mencerminkan konsep desainnya yang berkesan SUV. Di antara para kompetitor, ground clearance atau jarak terendah dari permukaan jalan ke bodi mencapai 180 mm.

Kaki – kaki Ignis menggunakan McPherson Strut with Coil Spring untuk suspensi depan dan Torsion Beam with Coil Spring bagi suspensi belakang. Sistem pengereman bagi ban berprofil 175/65R15 menggunakan cakram berventilasi di depan dan drum di belakang.

  • Mesin dan Transmisi

Ignis, sejak meluncur di Indonesia pada 2017 hingga saat ini, masih menggunakan mesin bensin 1.2-liter (1.197 cc) dengan kode K12M, 4 silinder, 16 valve dengan diameter x langkah adalah 73,0 mm x 71,5 mm serta perbandingan kompresi 11.0. Sistem distribusi bahan bakar menggunakan Multipoint Injection.

Gelontoran daya maksimalnya 83 ps yang mampu dicapai saat putaran mesin menyentuh 6.000 rpm. Torsi puncaknya 113 Nm di 4.200 rpm.

Mesin dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan atau girboks AGS (Automated Gear Shift). Teknologi AGS Suzuki memungkinkan transmisi manual Suzuki diubah menjadi serupa transmisi otomatis sehingga makin memudahkan pengemudi dalam pengoperasian kendaraan.

Transmisi menyalurkan tenaga maupun torsi dari mesin menuju kedua roda depan (front wheel drive/FWD).

  • Fitur – fitur

Fitur – fitur Ignis antara lain adalah Power Outlet 12V/120W, USB AUX Socket, Dual SRS Airbag, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), ISOFIX, bodi HEARTECH, Rear and Fornt Console Cup Holder.

Jika ingin merasakan kelengkapan lebih, lebih baik membeli varian GX. Soalnya, mulai varian itu, terdapat tambahan fitur Auto Climate AC with Heater, Head Unit Touch Screen, Push Start/Stop Engine Button, Keyless Entry, Steering Wheel with Audio Switch Control and Bluetooth Phone Connection.

Kompetitor Suzuki Ignis

Ignis sekarang memiliki beberapa kompetitor di segmen city car non-LCGC. Berikut pesaing – pesaingnya, lengkap dengan harga on the road Jakarta per April 2021 berdasarkan situs resmi dari masing – masing merek tersebut.

Honda Brio RS

  • RS MT Rp179,8 juta
  • RS CVT Rp194,7 juta
  • RS MT Urbanite Edition Rp185,8 juta
  • RS CVT Urbanite Edition Rp200,2 juta

Daihatsu Sirion

  • STD MT Rp201,75 juta
  • STD AT Rp216,5 juta.

Jadi, bagaimana, apakah sudah menetapkan pilihan? Tertarik membeli Ignis atau malah para pesaingnya? [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar