Suzuki Esteem Bekas, Mobil Sedan yang Harganya Setara Yamaha NMax

Mobil Bekas

Suzuki Esteem Bekas, Mobil Sedan yang Harganya Setara Yamaha NMax

Suzuki Esteem bekas harganya kian terjangkau, bahkan banderolnya setara dengan sepeda motor matik bertubuh bongsor, Yamaha NMax. 

Saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak lagi menjual sedan di Indonesia, tapi bila melihat jauh ke belakang, perusahaan tersebut cukup berpengalaman dalam segmen ini.

Salah satu mobil sedan Suzuki yang cukup menjadi perhatian adalah Esteem, karena memiliki desain cukup menarik di zamannya. Namun sayang, namanya sedikit tenggelam karena ketika itu persaingan di pasar sedan memang sangat ketat.

Kala itu Toyota memasarkan Great Corolla dan Honda menjual Civic yang semuanya memiliki penggemar sendiri.

Namun, Suzuki Esteem memiliki target pasar yang sedikit berbeda. Toyota Great Corolla dan Honda Civic Sedan menargetkan konsumen yang lebih mapan, sementara Suzuki Esteem lebih menyasar kepada keluarga muda.

Dilihat dari tampilan, Suzuki Esteem memang tidak memiliki guratan-guratan aerodinamis yang kental seperti mobil di era sekarang ini. Meski demikian tampilannya terbilang cukup manis berkat lekukan pada kap mesin. Kemduian, lampu depannya juga terbilang menarik karena desainnya terasa cukup dinamis.

Masuk ke kabin, lingkar kemudi akan menjadi sebuah perhatian tersendiri. Hal ini karena lingkar kemudi mobil mengadopsi desain two spoke yang kini sudah ditinggalkan.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan head unit single din serta sudah mendapatkan AC dengan empat lubang.

Soal mesin, Suzuki menawarkan dua pilihan berbeda untuk pelanggan. Pilihan pertama adalah mesin berkapasitas 1.300cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 73 hp. Sementara untuk pilihan kedua adalah mesin 1.600cc bertenaga 95 hp. Kedua mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Saat ini, Suzuki Esteem versi baru sudah tidak tersedia di Indonesia. Bahkan, Suzuki tidak lagi menjual sedan ke konsumen.

Terakhir kali Suzuki menjual sedan pada 2015 lewat Ciaz. Tetapi, nasib malang menimpa sedan buatan India itu, terhitung sejak 2018, Ciaz sudah tidak lagi dijual di dalam negeri karena kurang mendapat respons dari konsumen.  

Kini Suzuki lebih fokus menjual kendaraan niaga, Low MPV dan Low SUV yang semuanya dibuat di Indonesia. Bahkan mobil-mobil tersebut pun telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Ada juga Suzuki Baleno, Suzuki SX4, dan Suzuki Jimny yang diimpor dari berbagai negara dalam bentuk utuh atau CBU.

Bagi yang ingin membeli Suzuki Esteem sebenarnya masih bisa didapat di era sekarang ini, tapi bukan dalam kondisi baru melainkan bekas pakai.

Saat ini jumlah Suzuki Esteem bekas terbilang cukup langka, tapi tetap masih bisa ditemukan di beberapa diler mobil bekas. Bahkan di Mobil123, ada beberapa diler mobil bekas yang menawarkan mobil ini dengan harga sangat menarik.

Berikut beberapa pilihan Suzuki Esteem bekas beserta harga dan tahun keluarannya yang bisa dilihat di Mobil123.

Suzuki Esteem 1996

Pilihan pertama yang bisa dilihat adalah Suzuki Esteem keluaran 1996 yang dijual di salah satu diler mobil bekas di Kediri. 

Suzuki Esteem

 

Mobil berwarna putih ini dijual dengan harga sangat menarik, yaitu Rp33 juta. Harganya sedikit lebih murah ketimbang NMax varian tertinggi.

Menariknya mobil tersebut sudah dibekali mesin berkapasitas 1.600cc yang tentunya memberikan perfoma lebih baik ketimbang varian di bawahnya.

Mobil ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan kendaraan dengan mesin berkapasitas besar, tapi harga terjangkau. Terlebih, dengan harga yang tidak sampai Rp50 juta memungkinkan konsumen membelinya secara tunai.

Suzuki Esteem 1991

Suzuki Esteem

Masih dari kediri, pilihan Suzuki Esteem bekas lansiran 1991 ini hadir dengan pilihan mesin yang berbeda. Mesinnya hanya berkapasitas 1.300cc.

Meski demikian, mobil ini hadir dengan harga yang lebih murah, sehingga bukan tidak mungkin akan membuat pelanggan menjadi lebih tertarik.

Diler menawarkan mobil ini dengan harga Rp32 juta atau Rp1 juta lebih murah dibandingkan varian 1.600cc.

Dengan ukuran mesin lebih kecil tentunya akan cocok untuk mereka yang memang lebih menyukai mobil hemat bahan bakar. Pasalnya untuk mobil tua, mesin berkapasitas kecil memang memiliki efisiensi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih baik.

Suzuki Esteem 1996

Suzuki Esteem

Selanjutnya ada Suzuki Esteem bekas 1996 yang dijual dengan harga Rp20,5 juta. Harga tersebut terbilang sangat menarik karena lebih murah bila dibandingkan dengan banderol sepeda motor Honda Vario 125.

Mobil ini diklaim masih dalam kondisi baik oleh pemiliknya dan surat-surat kendaraan pun masih lengkap. Penjualnya memberi kesempatan kepada pelanggan yang tertarik memiliki Suzuki Esteem bekas 1996 bisa langsung memeriksa kondisinya.

Selain kelengkapan surat, yang menarik dari mobil ini adalah mesinnya. Sama seperti pilihan pertama, mesin yang melengkapi mobil ini berkapasitas 1.600cc. Tentunya ini akan menjadi sebuah nilai lebih, terutama bagi yang memang tinggal di Kalimantan.

Lokasi Mencari Spare Part Mobil Tua

Merawat mobil tua seperti Suzuki Esteem memang perlu sedikit pengorbanan. Maklum, mobil ini membutuhkan spare part yang mungkin sudah cukup sulit untuk ditemukan di bengkel-bengkel resmi maupun umum. Untuk itu perlu banyak kesabaran bila mengalami kerusakan yang mengharuskan mengganti spare part.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa diakali. Pemilik kendaraan bisa mencari spare part yang langka tersebut ke beberapa pusat spare part yang tersebar di berbagai lokasi. Umumnya spare part ajaib pun bisa ditemukan di lokasi tersebut.

Untuk masyarakat DKI Jakarta, pusat-pusat spare part tersebut tentunya terbilang mudah untuk ditemukan. Salah satu yang cukup melegenda adalah pusat onderdil Atrium Senen, Jakarta Pusat.

Selain terkenal lengkap, pusat onderdil ini juga memiliki keunggulan dari segi kenyamanan. Maklum, lokasinya memang berada di dalam mal sehingga para pemburu spare part tidak perlu kepanasan.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa langsung melakukan perbaikan atau penggantian spare pat di tempat, karena ada beberapa montir lepas yang siap untuk mengerjakan perbaikan mobil.

Selain itu pelanggan juga bisa mencari spare part mobil tua di Pasar Mobil Kemayoran. Lokasi ini memang sudah terkenal akan kelengkapan spare part yang ditawarkan. Maklum, di lokasi ini memang merupakan salah satu pusat otomotif terbesar di Jakarta.

Tak hanya spare part, di lokasi yang sama juga bisa ditemukan bengkel modifikasi hingga diler mobil bekas.

Pasar Mobil Kemayoran terletak di Jalan Industri Raya, Pademangan Timur, Kecamatan. Pademangan, Jakarta Utara. Hampir semua spare part dan mobil dari beragam merek serta tahun pembuatan dapat ditemui di lokasi ini dengan mudah.

Namun dibalik kelengkapan yang ada, kenyamanan dari Pasar Mobil Kemayoran boleh dikatakan kurang. Selain lokasinya yang memang padat, ada banyak calo berkeliaran, jauh berbeda bila dibandingkan dengan pusat-pusat spare part lain di Jakarta.

Tak hanya itu, pemburu spare part juga harus cerdas dalam melakukan pembelian. Pasalnya untuk spare part mobil tua, kemungkinan untuk mendapatkan yang asli tentu sangat sulit. Jadi sebaiknya pelajari spare part sejenis dengan kualitas baik yang bisa menjadi sebuah alternatif.

Selain itu jangan ragu untuk memeriksa harga di toko online. Ini berguna untuk dijadikan sebagai pembanding harga. Cara ini juga efektif untuk menghindari Anda mendapatkan harga spare part lebih tinggi dari nomalnya. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar