Suzuki Ertiga Dibekali Strategi Hadapi Persaingan Low MPV 2019

Berita Otomotif

Suzuki Ertiga Dibekali Strategi Hadapi Persaingan Low MPV 2019

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tentunya tidak tinggal diam hadapi persaingan di kelas low MPV tahun ini yang cukup menantang.

Kelas low MPV tahun 2019 dibuka dengan hadirnya penyegaran dari Toyota Avanza yang konon akan resmi diluncurkan 15 Januari 2019. Ubahan tampilan dan penambahan fitur akan dilakukan pada pelopor sekaligus raja di kelas low MPV. Ini pastinya akan juga terjadi pada saudar kembar mereka Daihatsu Xenia.

Kabar lain yang juga tak kalah menariknya adalah rencana Nissan yang akan meluncurkan All-new Grand Livina. Konon akan resmi diluncurkan pada Maret 2019 dan diprediksi menjadi bintang baru di kelas low MPV karena memiliki rancang bangun yang sama dengan the phenomenom, Mitsubishi Xpander.

Mitsubishi Xpander sendiri sejauh ini masih jadi primadona di kelas low MPV. Bulan madu rasanya masih terjadi pada mobil yang diluncurkan Agustus 2017 ini dengan daftar inden 1-2 bulan tergantung varian.

Pemain lainnya adalah Honda Mobilio yang sejauh ini masih pede dengan model terakhir mereka yang meluncur pada 2017. Tak ketinggalan adalah Wuling Confero  yang perlahan tapi pasti cukup diminati konsumen low MPV Indonesia.

Lalu bagaimana dengan Suzuki Ertiga?. Andalan Suzuki yang diluncurkan pada April 2018 ini boleh dibilang memiliki awalan penjualan yang tidak terlalu istimewa. Namun perlahan tapi pasti diakui Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT SIS penjualannya menunjukkan grafik positif.

"Tiap bulan terjadi peningkatan penjualan pada Suzuki Ertiga," kata Donny.

Donny juga menambahkan, pihaknya tentu tidak tinggal diam dalam menyikapi hangatnya persaingan yang terjadi di kelas low MPV. Setidaknya ada 3 langkah yang akan dilakukan pada Suzuki Ertiga tahun ini.

"Penyegaran tentu kami lakukan pada semua line up produk tiap tahunnya termasuk Suzuki Ertiga. Tiga langkah setidaknya akan kami lakukan seperti maintenance produk, sales gimmick atau program penjualan dan juga tentunya layanan after sales service yang makin menarik serta tentunya menguntungkan bagi konsumen," jelas Donny.

Seperti kita ketahui, dibandingkan dengan kompetitornya, Suzuki Ertiga memiliki sedikit perbedaan dari sisi tampilan. Jika yang lain memiliki tampilan agresif atau sporty, Ertiga hadir lebih kalem dan mature.

Selain itu, kenyamanan merupakan prioritas utama pada Suzuki Ertiga, baik dari sisi stabilitas pengendaraan juga ruang kabinnya. Ini tentunya sesuai dengan basis konsumen mereka yang merupakan keluarga muda yang butuh mobil nyaman plus tampilan elegan.

Namun, bukan berarti ini membuat PT SIS puas dengan posisi tersebut. Karena bukan tidak mungkin, demi melebarkan pasar, mereka akan menghadirkan Ertiga dengan model sporti tahun ini.

"Varian Ertiga dengan tampilan agresif? bisa jadi dan tunggu saja," tutup Donny. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support