Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki Ertiga Hybrid Rakitan Indonesia juga Diekspor Tahun Ini, ke Mana?

Berita Otomotif

Suzuki Ertiga Hybrid Rakitan Indonesia juga Diekspor Tahun Ini, ke Mana?

JAKARTA - Suzuki Ertiga hybrid produksi Indonesia tak hanya menyasar pasar domestik, tapi juga luar negeri.

Ertiga hybrid rakitan lokal mengaspal di Tanah Air pada Jumat (10/6/2022) kemarin. Mobil rakitan Cikarang ini, menurut Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, juga bersiap diekspor tahun ini.

“Jadi, kami berencana di semester kedua tahun ini sudah melakukan ekspor untuk Ertiga hybrid,” kata dia menjawab pertanyaan Mobil123.com usai konferensi pers peluncuran di Mall Kelapa Gading, Jakarta.

All New Ertiga Hybrid (Foto: Suzuki)

Seperti diberitakan sebelumnya, Ertiga hybrid menjadi low multi purpose vehicle (LMPV) pertama di Indonesia yang mengusung teknologi elektrifikasi. Selain itu, kendaraan ini pun menjadi mobil hybrid termurah dengan harga di bawah Rp300 juta (Rp270,3-292,3 juta).

Pesaing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini ‘dipersenjatai’ dengan teknologi mild hybrid yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Deputy Director Sales and Marketing SIS Hady Surjono Halim menerangkan sudah ada 12 negara yang akan menjual Eriga hybrid rakitan Indonesia. Negara-negara tersebut tidak hanya berada di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

“Khusus Ertiga hybrid, kami akan ekspor ke 12 negara di ASEAN, Amerika Latin, Kepulauan Pasifik, dan Kepulauan Karibia,” ujar Hady.

Ertiga hybrid bekerja mereduksi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dengan tiga komponen utama.

Ada baterai lithium-ion berkapasitas kecil (6 Ah 12 V), Integrated Starter Generator (ISG), serta mesin bensin konvensional K15B berkapasitas 1.5-liter berdaya 103,2 hp serta torsi 138 Nm.

All New Ertiga Hybrid (Foto: Suzuki)

Baterai mini plus ISG di dapur pacunya bekerja menyokong kinerja mesin dalam kondisi-kondisi tertentu. Di antaranya ketika mobil ingin mulai berakselerasi dari kondisi diam, hingga mencapai putaran mesin tertentu.

Sayang, Suzuki tidak mengungkapkan tingkat efisiensi konsumsi BBM Ertiga hybrid.

Bicara fitur-fitur baru, Ertiga hybrid memiliki beragam tambahan jika dibandingkan dengan model bermesin konvensionalnya.

Terdapat, misalnya, Smart Key with Auto Retractable Outside Mirror, Idle Start Stop, Cruise Control, Gear Shift Indicator (hanya transmisi MT), Projector Headlamp Autolight with Guide Me Home, Hill Hold Control. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang