Suzuki Ertiga Diesel Terkendala Suplai

Berita Otomotif

Suzuki Ertiga Diesel Terkendala Suplai

JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejatinya masih punya hasrat untuk memasarkan varian diesel pada Suzuki Ertiga generasi terbaru, sayangnya masih terganjal oleh kendala internal.

Tak terasa sudah sekitar setahun Suzuki Ertiga generasi kedua diluncurkan. Namun sejauh ini belum ada versi varian diesel, tidak seperti generasi sebelumnya.

Masih hangat pada ingatan kita, PT SIS meluncurkan Ertiga dengan mesin diesel hybrid berteknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) pada awal 2017. Keunikan dari SHVS adalah tersimpannya Integrated Starter Generator (ISG) yang tidak dimiliki mobil sekelas.

Adanya varian diesel tentunya memberikan konsumen pilihan tersendiri. Apalagi di kelas low MPV hanya Suzuki Ertiga yang terakhir punya versi mesin berbahan bakar solar tersebut.

PT SIS sendiri sejatinya masih berpeluang untuk kembali menjual Ertiga Diesel. Namun hingga berita ini dibuat, belum ada kepastian soal waktu peluncurannya.

"Peluangnya masih ada, ada kemungkinan kami jual lagi model itu di sini," jelas Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT SIS.

Donny menambahkan, bahwa meski pasar low MPV diesel masih cukup menarik terutama di luar Jabodetabek, namun pihaknya memiliki beberapa kendala. Karena selain masalah pada distribusi atau penggunaan bahan bakar solar, rupanya terdapat pula kendala internal yang terkait dengan soal suplay unit.

"Terdapat kendala internal yakni suplai unit dari India. Kami tetap melihat ini peluang, terutama dari sistem hybridnya," jelas Donny.

Suzuki Ertiga diesel sendiri dilengkapi dengan mesin diesel commonrail 1.3-liter. Memiliki keluaran tenaga sebesar  88 Hp pada 4.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm di 1.750 rpm. Kala itu Ertiga Diesel hanya dilengkapi dengan varian bertrasnmisi manual.



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support