Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dibandrol dengan Harga Rp 219,5 Juta

Mobil Baru

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dibandrol dengan Harga Rp 219,5 Juta

JAKARTA - Suzuki Ertiga Diesel Hybrid akhirnya secara resmi diluncurkan. Ini adalah model dengan mesin diesel pertama yang dijual PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Suzuki Ertiga dengan mesin diesel akan meramaikan pasar LMPV Tanah Air. Ini menjadikan konsumen kembali memiliki pilihan mesin diesel di kelas ini setelah sebelumnya menghilang di pasaran sejak dihentikannya produksi Chevrolet Spin Diesel. 

Mobil123 langsung fokus pada teknologi mesin yang diusung oleh Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Karena praktis tidak ada perbedaan berarti dari sisi eksterior dan interior jika dibandingkan Ertiga reguler bermesin bensin. 


Seperti yang kami beritakan sebelumnya, perbedaan pada eksterior hanya ditemukan pada emblem DdiS (Diesel Common Rail Direct) di bagian samping. Berikutnya tampak pada sisi buritan yakni logo Hybrid Zdi. Sementara pada interior, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid telah dilengkapi dengan AC with heater, Gear Shift Indicator (GSI) pada MID yang berguna untuk mengontrol putaran mesin saat berkendara serta day night mirror. 

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi mesin diesel common rail berkapasitas 1.3 liter dengan tenaga 88 Hp pada 4.000 rpm dan torsi maksimal 200 Nm yang hadir di 1.750 rpm. Tak lupa, Suzuki menggandang teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) pada mesin diesel ini.

Variabel utama dari SHVS adalah ditanamnya Integrated Starter Generator (ISG). Perangkat ini yang seterusnya membuat New Ertiga Diesel memiliki fitur engine start stop dan dapat diaktifkan atau tidak seusai kebutuhan oleh pengemudi melalui tombol di dalam kabin.

 
Fungsi utama ISG sendiri adalah menggantikan sistem motor starter konvensional berikut generator dan flywheel. ISG akan secara otomatis menghentikan kerja pada ruang bakar saat kendaraan idle atau statis dalam jangka waktu tertentu. Dan selanjutnya dapat menghidupkan mesin sepersekian detik saat pedal kopling diinjak.

PT SIS mengklaim bahwa dengan sistem ini, efisiensi bbm akan meningkat hingga 50 persen. Asumsinya, jika rata-rata konsumsi bbm sistem konvensional 14 km per liter, maka dengan ISG konsumsinya mencapai lebih dari 20 km per liter. Namun capaian itu tetap bergantung pada cara mengemudi. 


Suzuki Ertiga Diesel hybrid hanya hadir dengan transmisi manual 5-percepatan dan ditawarkan Rp 219.5 juta (on the road Jakarta). PT SIS mengabarkan bahwa ini dipilih karena menyesuaikan karakter para pengguna mesin diesel di Indonesia. 

Saat berita ini dibuat, Mobil123 sedang melakukan first drive Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Nantikan ulasan pengujian kami sesaat lagi. [Ikh/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual