Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suzuki dan Forwot Terangkan Teknologi Hijau ke Puluhan Siswa

Berita Otomotif

Suzuki dan Forwot Terangkan Teknologi Hijau ke Puluhan Siswa

TANGERANG – Aktivitas CSR (Corporate Social Responsibility) digelar oleh berbagai perusahaan otomotif termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Hari ini (18/8), saat Student’s Day, Suzuki mengundang 52 Siswa dari SMKN 5  Jakarta, untuk belajar dan mengikuti talkshow bertemakan “Perkembangan Teknologi Otomotif Smart Hybrid Vehicle”. Dalam acara ini, Suzuki juga menyerahkan donasi 1 (satu) APV kepada SMKN 5 Jakarta sebagai salah satu program corporate social responsibility.

“Kami melihat bahwa saat ini belum banyak siswa yang mengikuti perkembangan teknologi di dunia otomotif salah satunya mengenai Green Technology. Padahal, dunia pendidikan dan dunia industri harus selaras agar menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk kemajuan industri otomotif tanah air. Oleh karena itu kami mengadakan acara ini agar para pelajar mengetahui lebih dalam mengenai “Green Technology” yang diterapkan melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle yang sudah digunakan di mobil Suzuk,” kata Dwi Tjahayanto, Department Head Strategic Planning PT SIS.

Melalui talkshow, Suzuki berharap para pelajar memahami penggunaan “Green Technology” serta manfaatnya bagi kelestarian lingkungan di masa depan. Kemajuan teknologi merupakan hasil dari pengembangan pendidikan terbaik, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para pelajar Indonesia untuk bisa berkarya menciptakan teknologi-teknologi baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain pembicara dari Suzuki, PT SIS juga mengundang Sigit Santoso, Editor Liputan6.com dan senior FORWOT (Forum Wartawan Otomotif Indonesia) membahas perkembangan terbaru “Green Technology” di dunia otomotif kepada para pelajar dan mahasiswa tersebut.

Dalam talkshow, Sigit Santoso menerangkan bahwa saat ini tren dunia otomotif ke depan menggunakan produk ramah lingkungan dengan minimalisasi penggunaan bahan-bahan berbahaya dan dapat merusak lingkungan, serta penggunaan bahan-bahan lebih ringan.

Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) merupakan sistem hybrid ringan (mild hybrid system) yang terdiri dari mesin bakar internal dan ISG (Integrated Starter Generator). ISG merupakan generator dengan fungsi sebagai motor listrik yang akan meringankan kerja mesin selama akselerasi. Pada saat kendaraan berdeselerasi atau idle, ISG akan mendapatkan asupan tenaga listrik yang akan dihimpun dan dikirim ke baterai lead-acid dan baterai Lithium-ion. Tenaga listrik yang tersimpan inilah yang akan digunakan untuk meringankan kerja mesin selama akselerasi.

SHVS telah digunakan di mobil-mobil kecil seperti Suzuki Ciaz, iK-2 dan iM-4 Concept Car. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang