Suzuki Baleno RS, Hot Hatchback Berperforma Tinggi

Mobil Baru

Suzuki Baleno RS, Hot Hatchback Berperforma Tinggi

NEW DELHI - Suzuki Baleno RS adalah Baleno paling bertenaga yang pernah diluncurkan oleh Maruti Suzuki, India.

Mendengar nama Suzuki Baleno tentunya Anda akan terkenang sepak terjang sedan milik Suzuki yang masuk ke Indonesia sekitar tahun 2003. Saat itu Baleno bersaing ketat dengan Honda City dan Toyota Vios di kelas small sedan. Namun belakangan nama Baleno menghilang dari pasaran karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghentikan penjualannya.

Kabar terbaru dari Suzuki Baleno baru-baru ini adalah dilansirnya varian Suzuki Baleno RS oleh Maruti Suzuki, India. Ini merupakan model baru kedua mereka yang diluncurkan pada awal 2017 setelah sebelumnya di bulan Januari Suzuki Ignis hadir di pasaran.

Dengan model hot hatchback, Suzuki Baleno RS pertama kali dipamerkan pada Delhi Auto Expo 2016. Dan dengan bentuknya menarik, banyak penggemar Suzuki di India yang memburunya.

Eksterior sendiri menggunakan bahasa desain baru pada grille, bumper dan underbody spoiler yang dikencani alloy warna hitam. Untuk menyuguhkan kesan sporty, Maruti Suzuki membubuhi logo RS di buritan yang sekaligus pembeda dengan Suzuki Baleno standar.


Di India, Suzuki Baleno RS cuma tersedia satu varian, warna cerah Fire Red. Warna tersebut diharapkan mendampingi karakter sporty pada mesinnya. Guna meningkatkan keselamatan pejalan kaki, Maruti Suzuki menjejali berbagai fitur keselamatan mulai pedestrian safety, side and frontal offset impact.

Untuk keselamatan penumpang, Suzuki Baleno RS juga menyediakan dual airbag, seatbelts with pre-tensioners. Fitur standar lain adalah Disc brake di keempat roda bekerja sempurna dengan ABS dan EBD.

Salah satu daya tarik dari mobil ini adalah saat Maruti Suzuki melengkapinya dengan mesin 1.0 liter Boosterjet Direct Injection Turbocharge. Mereka mengklaim, mesin ini menghasilkan tenga 20 persen dan torsi 30 persen lebih besar (150 Nm pada 1.700-4.500 rpm) daripada mesin bensin 1.2-liter naturally aspirated.

"Suzuki Baleno RS menandai Suzuki masih di segmen hatchback berperforma. Mesin 1.0-liter memberikan tenaga lebih besar di kelasnya. Pada saat yang sama, torsi lebih tinggi sebesar 30 persen dari mesin bensin 1.2-liter," kata Kenichi Ayukawa, Managing Director and CEO Maruti Suzuki. [Ikh/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual