Kode Keras Peluncuran Toyota Fortuner di Tengah Pandemi

Mobil Baru

Kode Keras Peluncuran Toyota Fortuner di Tengah Pandemi

JAKARTA – Selama masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Toyota melihat SUV termasuk Fortuner justru berhasil menunjukkan hasil postif dibandingkan model lain.

Hasil positif tersebut tentunya sangat disayangkan bila tidak dimaksimalkan oleh Toyota dengan meluncurkan Fortuner facelift ke Indonesia. Terlebih, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebut bahwa untuk meluncurkan mobil, tidak hanya bisa mengandalkan model kendaraan tapi timing juga harus tepat. Kehadiran Toyota Fortuner pun bisa menjadi pendorong untuk mengembalikan pasar otomotif di Indonesia

“Bila ditanyakan apakah pendorong pasar di tahun ini adalah SUV, saya tidak bisa memastikan secara spesifik. Ini karena tidak ada produk yang dirancang 2-3 bulan lalu. Semua produk yang diluncurkan sudah direncanakan sejak 2-3 tahun lalu jadi tinggal menyesuaikan momentum. Jadi bukan hanya produk, tapi timing juga tepat,” tegasnya.

Jika melihat data penjualan, Toyota Fortuner juga berhasil meraih hasil postif di bulan Mei. Ketika penjualan kendaraan umumnya semakin menurun, penjualan Toyota Fortuner justru meningkat bila dibandingkan bulan April.

Pada bulan Mei 2020, Toyota Fortuner terjual sebanyak 465 unit atau naik lebih dari 10 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 400 unit. Bahkan Anton Jimmi menegaskan bahwa market share Toyota Fortuner berada di atas 63% yang artinya telah menguasai market share di segmennya.

“Kami melihat tren SUV sangat baik khususnya yang 7-seater. Kalau dulu (Toyota) kuatnya di MPV dan bertahan di Avanza, Innova, Calya sekarang mulai kuat di Rush dan Fortuner. Dari sisi volume penjualan bisa menyumbang besar untuk mempertahankan posisi Toyota di Indonesia,” tegasnya.

Secara umum,  pada segmen SUV, Toyota mengandalkan tiga model yaitu Rush, Fortuner dan C-HR. Pada bulan Mei, retail sales Toyota berhasil meraih sedikitnya 1.738 unit SUV. Jumlah tersebut terdiri dari 1.264 unit Toyota Rush, 465 unit Fortuner dan 9 unit C-HR.

Jumlah ini turun bila dibandingkan dengan bulan April 2020 yang berhasil membukukan 1.965 unit SUV. Pada bulan tersebut, Toyota Rush masih memimpin dengan perolehan penjualan sebanyak 1.549 unit, Fortuner 400 unit dan C-HR 16 unit. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar