Proton SUV Hadir di Indonesia Tahun Depan

Berita Otomotif

Proton SUV Hadir di Indonesia Tahun Depan

JAKARTA - Proton akan meluncurkan SUV pertamanya di Malaysia pada Oktober 2018 dan akan masuk Indonesia tahun depan.

Produsen mobil asal Malaysia akan menunjukkan eksistensinya di dunia otomotif dengan meluncurkan model SUV pertamanya. Mobil ini dikabarkan akan menggunakan basis Geely Bo Yue yang merupakan SUV 5-seater.

SUV ini juga akan menjadi bukti nyata kerjasama antara Geely dan Proton di tengah ketatnya persaingan otomotif dunia. Geely Bo Yue sendiri telah diluncurkan di China pada Maret 2016 dan menjadi salah satu mobil terlaris.

SUV andalan Geely ini telah terjual sebanyak 500.000 unit hingga Mei 2018 di pasar otomotif China. Bahkan pada Mei 2018 di China, Bo Yue telah terjual sebanyak 20.000-30.000 unit.

Wajar apabila Proton memanfaatkan momen tersebut untuk memproduksi SUV pertamanya dengan menggunakan basis Bo Yue. SUV ini memang dirancang bukan untuk kalangan menengah ke atas melainkan untuk entry-level sehingga harganya dipastikan lebih terjangkau.

SUV pertama Proton ini dikabarkan akan menggunakan lingkar roda 18” dan grille khasnya. SUV ini juga baru akan diproduksi di Malaysia pada 2019, sehingga ketika peluncurannya pada Oktober masih merupakan unit CBU.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, pihak Proton telah membuat rencana untuk segera merilis SUV pertamanya ini.

“Rencananya tahun depan masuk ke Indonesia, tapi kami masih belum mengetahui tanggal pastinya,” tutur Rulli Septiadi, Head of Marketing PT Proton Edar Indonesia.

Jika sesuai dengan rencana, produk ini bisa menjadi bukti eksistensi Proton di Tanah Air. Selama ini Proton belum mampu menunjukkan ‘taringnya’ dan terkesan lebih pasif di tengah berkembangnya pasar otomotif Indonesia.

Untuk nama model SUV ini, pihak Proton Indonesia juga masih tertutup. Mereka masih menunggu debut global mobil ini di Malaysia.

“Kami saat ini tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut baik itu nama modelnya. Kami masih pakai internal code, jadi sabar aja ya,” tambah Rulli.

Akankah SUV ini menjadi awal kebangkitan Proton di Indonesia di tengah banyaknya produk-produk SUV baru yang memiliki harga terjangkau dan fitur canggih? Tunggu kabar selanjutnya hanya di Mobil123.com. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support