Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

SUV Gantikan MPV Sebagai Mobil Paling Banyak Dibeli Konsumen Indonesia

Berita Otomotif

SUV Gantikan MPV Sebagai Mobil Paling Banyak Dibeli Konsumen Indonesia

JAKARTA - Penjualan mobil-mobil sport utility vehicle (SUV) di Indonesia secara akumulatif sudah lebih banyak dari multi purpose vehicle (MPV). Tren ini diperkirakan terus bertahan.

Komposisi penjualan SUV di pasar mobil nasional, menurut paparan data Daihatsu dalam konferensi pers virtual pada Februari 2022, menjadi yang terbesar sejak tahun lalu yaitu 26 persen. MPV berada di peringkat kedua dengan 25 persen.

Tidak dijelaskan, apakah komposisi ini mengacu pada penjualan retail yang menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai 863.348 unit atau wholesales yang sebanyak 887.202 unit.

Popularitas SUV naik perlahan tapi pasti di mata konsumen Tanah Air dalam beberapa tahun belakangan. MPV, yang secara tradisional menjadi ‘jagoan’ pasar domestik, sekarang harus mengaku kalah.

“Kalau dibandingkan dengan pada 2019 dan sebelum itu, biasanya kontribusi MPV di pasar otomotif Indonesia selalu di atas 30 persen. Pada 2017 dan 2018 masih 32 persen, 2019 sudah turun sedikit menjadi 30 persen. Lalu mulai 2020 menjadi 25 persen,” kata Marketing and Customer Relations PT. Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.

“Kalau SUV, pada 2017, 2018, 2019 komposisinya masih di bawah 20 persen. Hanya 16-18 persen. Pada 2020 langsung di atas 20 persen, tepatnya 21 persen. Pada 2021 malah naik lagi menjadi 26 persen,” lanjut dia.

Fenomena ini, terang Hendrayadi, akibat makin banyaknya model-model SUV yang dirilis di Tanah Air. Termasuk yang berada di segmen harga relatif terjangkau, baik itu tujuh penumpang maupun lima penumpang.

“Seperti di Daihatsu yang kini punya SUV yang lebih ‘light’ (murah--Red), Rocky. Segmen SUV akhirnya tambah besar,” pungkasnya menyinggung model yang meluncur bersamaan dengan ‘saudaranya’ Toyota Raize pada akhir kuartal pertama 2021 tersebut.

Tren SUV akan Makin Meningkat

Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menilai tren SUV di Indonesia akan makin meningkat.

Ia memperkirakan untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang pun SUV secara umum tetap menjadi ‘raja’ baru menggantikan MPV. Hal tersebut sejalan dengan tren pasar otomotif dunia.

“SUV tetap akan menjadi segmen manis yang diluncurkan banyak merek, sehingga total kontribusi terhadap pasar Indonesia akan terus meningkat,” pungkas Amel.

Data terakhir dari Daihatsu per Januari 2022 memperlihatkan SUV masih ada di takhta dengan komposisi 27 persen. MPV menguntit di belakangnya dengan 25 persen.

Penjualan mobil secara nasional pada bulan pertama, menurut data Gaikindo, mencapai 78.568 unit (retail) dan 84.062 unit (wholesales). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang