Mercedes-Benz G-Class Terbaru Mulai Diproduksi dan Siap Dijual di Indonesia

Berita Otomotif

Mercedes-Benz G-Class Terbaru Mulai Diproduksi dan Siap Dijual di Indonesia

GRAZ – Mercedes-Benz G-Class generasi terbaru akhirnya mulai diproduksi di Austria dan akan diluncurkan di Indonesia pada tahun ini, .

All-New G-Class pertama kali diperlihatkan di Detroit Auto Show 2018, Januari lalu. Selang empat bulan setelah peluncurannya, sport utility vehicle (SUV) legendaris Mercedes ini, seperti diwartakan Carscoops beberapa waktu lalu, masuk jalur produksi di pabrik milik pihak ketiga yaitu Magna Steyr di Graz, Austria.

All-New G-Class sendiri menjadi satu dari 10  model baru yang rencananya bakal mengaspal di Indonesia pada tahun ini, menurut Chief Executive Officer PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dalam pertemuan awal tahun dengan media massa. Pabrikan asal Jerman tersebut hanya bakal menghadirkan satu varian yaitu G 63 AMG.

“Varian ini adalah satu-satunya model bermesin bensin dan bersetir kanan yang diproduksi di Austria,” kata Lamberts saat itu yang lalu mengatakan belum berpikir membawa varian bermesin diesel karena isu kualitas bahan bakar di sini.

G-Class merupakan mobil ikonik Mercedes dengan sejarah panjang. Generasi pertama SUV ini lahir pada 1979 dan hingga kini sudah terjual lebih dari 300 ribu unit. Sejak 2012, penjualannya rutin memecahkan rekor dari tahun ke tahun dan pada 2017 transaksi jual-belinya mencapai lebih dari 22 ribu unit.

G-Class generasi terkini membutuhkan waktu 10 untuk dirilis menggantikan angkatan sebelumnya. Head of Group Research & Mercedes-Benz Cars Development Ola Kallenius mengatakan bahwa versi paling modern dari G-Class tetap mempertahankan bentuk yang sangat khas, tapi meningkat kemampuannya di seluruh area yang diperlukan. Banyak aspek produksi All-New G-Class yang dikerjakan dengan tangan.

“’G’ terbaru itu tetap lah sebuah ‘G’, hanya lebih baik,” tegasnya.

Sebagai informasi, G 63 AMG yang tak lama lagi dipasarkan di Indonesia memiliki sistem penggerak berbeda dengan G-Class lain yaitu mesin bensin twin-turbo 4.0-liter V8 engine berdaya 577 hp dan torsi 850 Nm. Adapun mesin di G-Class ‘standar’ berspesifikasi twin-turbo 4.0-liter V8 dengan tenaga 416 hp dan torsi 609 Nm. Namun, girboksnya sama-sama otomatis 9-percepatan, menyalurkan tenaga ke penggerak empat roda dengan three differential locks. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual