Supercar China Berkekuatan 1.030 Tenaga Kuda

Mobil Baru

Supercar China Berkekuatan 1.030 Tenaga Kuda

BEIJING - Perusahaan asal China, Techrules, mengumumkan akan menggebrak Eropa dengan sebuah supercar bermesin turbin. Mobil super itu diklaim memiliki kekuatan 1.030 tenaga kuda.

Meski memiliki tenaga sangat besar, Turbine-Recharging Electric Vehicle (TREV) ini diklaim mampu menjadi mobil irit bahan bakar karena mempunyai jarak jelajah sampai 1.995 km.

Menurut rencana, mobil ini akan diperlihatkan di Geneva Motor Show 2016. Sebagai pemanasan, teaser mobil ini sudah diperlihatkan walau rincian terkait mobil ini baru bakal disampaikan kemudian.

Aplikasi Mesin Turbin
Namun, TREV bukanlah mobil pertama yang menggunakan mesin turbin. Dalam sejarah, General Motors, Chrysler dan Toyota diketahui sudah pula mempelajari turbin untuk menggerakkan roda.

Sebelumnya pula ada perusahaan startup asal Inggris bernama Bladon Jets yang telah mengembangkan generator turbin yang bisa diaplikasi ke berbagai hal, termasuk ke kendaraan.

Bladon lalu berkolaborasi dengan Jaguar di mobil konsep Jaguar C-X75 yang didukung oleh dua turbin mikro. Turbin kceil itu masing-masing memiliki berat 35 kg dan bisa memproduksi 94 tenaga kuda pada putaran konstan 80.000 rpm. 

Namun, turbin di Jaguar C-X75 itu hanya berfungsi sebagai generator untuk mengisi baterai yang kemudian mengirimkan listrik ke 4 motor listrik yang mampu menghasilkan output 780 tenaga kuda dan torsi 1.180 lb-ft. Sayangnya, proyek itu baru hanya sampai sebatas mobil konsep semata.

Sebenarnya, turbin dianggap bukan bentuk ideal untuk menjalankan sistem penggerak karena ada lag throttle yang mengurangi efisiensi ketika mobil berjalan pada rpm rendah, namun TREV mengaplikasi sistem hybrid agar bisa mendapat tingkat efisiensi tertinggi. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support