Sunroof Honda HR-V Lawas Elektrik, Kok yang Baru Malah Jadi Manual?

Berita Otomotif

Sunroof Honda HR-V Lawas Elektrik, Kok yang Baru Malah Jadi Manual?

LOMBOK - Panoramic Sunroof Honda HR-V, pada generasi terbarunya, malah berubah dari elektrik ke manual. Apa alasan di balik itu?

Honda tetap mempertahankan keberadaan Panoramic Sunroof pada All New HR-V yang meluncur di Indonesia pada 23 Maret 2022 kemarin. Fitur mewah ini hadir pada tipe SE serta RS Turbo, dari empat tipe yang dipasarkan (S, E, SE, RS Turbo).

Meski begitu, sunshade (penutup) Panoramic Sunroof pada All New HR-V harus dibuka-tutup secara manual. Kacanya juga tidak dapat dibuka lagi. Padahal, dahulu, dua hal ini bisa dilakukan secara elektrik.

Panoramic Sunroof All New Honda HR-V  (Foto: Honda)

Terkait ubahan tersebut, Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center, Yoshitomo Ihashi menjelaskan Panoramic Sunroof dari medium sport utility vehicle (SUV) itu sekarang berukuran jauh lebih besar dibandingkan dulu. Sebagai 'bayarannya', mekanisme pengoperasiannya mesti diubah.

"Kalau mekanismenya elektrik, akan membutuhkan ruang untuk pasang rel di panoramic sunroof. Penyetelan rel saja sudah makan tempat. Jadi, biar bisa lebih luas, rel dieliminasi sehingga menjadi manual," ujar Ihashi meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam sesi tanya-jawab di sela-sela test drive All New HR-V pada Senin (23/5/2022) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Panoramic Sunroof All New HR-V sendiri diklaim mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV hingga 75 persen. Ubahan yang tak kalah gahar, All New HR-V telah menjadikan Honda Sensing sebagai kelengkapan standar.

Suasana Kabin All New Honda-HR-V (Foto: Insan/Mobil123)

Teknologi bantuan pengemudian aktif tersebut terdiri dari enam fitur canggih. Ada Adaptive Cruise Control, Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, Road Departure Mitigation System, Auto High-Beam, Lead Car Departure Notification System.

Per Mei 2022, All New HR-V dijual dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp362,9-513,9 juta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar