Sudah Resign, Hyundai dan Kia Tarik Lagi Mantan Desainer Lamborghini Ini

Berita Otomotif

Sudah Resign, Hyundai dan Kia Tarik Lagi Mantan Desainer Lamborghini Ini

SEOUL – Hyundai dan Kia merekrut lagi Luc Donckerwolke, mantan desainer Lamborghini yang sebenarnya sudah resign (mengundurkan diri) dari pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut.

Hyundai Motor Group, melalui situs resmi baru-baru ini, mengumumkan perekrutan kembali Donckerwolke. Selain melanjutkan jabatannya sebagai Executive Vice President, grup juga memberinya posisi baru yaitu Chief Creative Officer.

Donckerwolke sebenarnya pernah sudah resign pada Maret tahun ini. Adapun alasannya adalah ‘ingin fokus pada kesehatannya’.

Ia pertama kali bergabung pada 2016. Selama empat tahun, dia diberi tanggung jawab untuk ikut menentukan arah desain berbagai merek mobil di grup yaitu Hyundai, Kia, maupun Genesis.


Donckerwolke sendiri merupakan desainer otomotif ‘didikan’ pabrikan otomotif Jerman. Sebelum berkarier di Hyundai Motor Group, pria ini malang melintang sebagai desainer merek-merek mobil Volkswagen Group seperti Audi, Bentley, sampai supercar Lamborghini.

Setelah kembali ke Hyundai Motor Group, lelaki kelahiran 19 Juni 1965 ini bakal ikut menentukan arah desain dari berbagai produk masa depan grup.

Di antaranya, seperti dipaparkan oleh sang pabrikan, adalah desain merek Genesis, Ioniq (sub-brand khusus mobil listrik Hyundai), mobil hidrogen. Donckerwolke bakal pula mengurusi desain dari mobil-mobil masa depan Kia.


Dalam melakukan tugasnya, dia akan berkolaborasi dengan tim desain yang sudah banyak terdiri dari para alumnus pabrikan Jerman khususnya BMW. Salah satu anggota terbaru yang merupakan ‘lulusan’ BMW adalah Won Kyu Kang yang dipekerjakan sebagai Vice President and Head of Kia Design Innovation Group.

Hyundai Motor Group menilai Donckerwolke cocok mengemban beban sebagai COO. Pasalnya, pria berkebangsaan Belgia ini sudah berandil besar menentukan bentuk maupun ciri khas terkini dari merek-merek roda empat di dalam grup.

Donckerwolke juga dianggap amat piawai sebagai pemimpin tim desain. Ia mampu memperlancar komunikasi dalam tim, membangkitkan motivasi, dan mengembangkan bakat-bakat yang ada.

“Sebuah kehormatan dan kebanggan besar, saya dapat memulai lembaran cerita kedua saya di Hyundai Motor Group dan memperkuat kreativitas di sana. Melalui kerja sama dengan tim desain, saya bakal mengomunikasi keberagaman maupun kekayaan dari desain merek-merek yang dipunyai oleh grup ini. Komunikasi desain yang tak hanya memperlihatkan kedinamisan teknologi, namun juga berpusat pada konsumen,” ujar Donckerwolke. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar