Cara Jual Mobil Bekas agar Cepat Laku, Jangan Sampai Salah Langkah

Panduan Pembeli

Cara Jual Mobil Bekas agar Cepat Laku, Jangan Sampai Salah Langkah

Cara jual mobil bekas agar cepat laku, Anda perlu mengetahui triknya. Kalau salah langkah, bisa-bisa para pemburu mobil seken melirik pilihan yang lain.

Penjual mobil di pasar kendaraan seken tidak hanya terdiri dari para diler saja. Ada pula penjual-penjual individu yang merupakan pemilik langsung dari kendaraan tersebut.

Para penjual individu ini memutuskan untuk melego mobil yang dimiliki karena berbagai alasan. Ada yang memang butuh uang untuk kebutuhan hidup atau modal usaha, ada pula yang melakukannya agar punya dana lagi untuk membeli mobil lain, baik baru maupun bekas.

cara jual mobil bekas cepat laku

Diler-diler mobil bekas umumnya lebih gampang serta cepat menjual, karena mereka punya sumber daya lebih untuk melancarkan ‘rayuan’.

Misalnya saja dukungan leasing (perusahaan pembiayaan) yang menawarkan paket kredit menarik sesuai kebutuhan si calon pembeli, seperti DP (Down Payment/uang muka) dengan nominal kecil, tenor panjang, maupun suku bunga yang rendah.

Tapi, bukan berarti para penjual individu pasti selalu kalah dari diler.

7 Cara Agar Mobil Bekas Cepat Terjual

cara jual mobil bekas cepat laku

Cukup banyak faktor yang wajib diperhatikan agar mobil Anda bisa sesegera mungkin ‘diperkecil’ menjadi uang ketika dijual.

Berikut cara jual mobil bekas cepat laku, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber:

  • Jual di Pelelangan Mobil

Cara jual mobil supaya cepat laku bisa diserahkan ke rumah lelang.

Rumah lelang tidak hanya menerima unit kendaraan bekas dari korporasi. Mereka juga mempersilakan pihak retail untuk menjual melalui mereka.

Jika Anda benar-benar butuh uang dalam waktu cepat, jual mobil di pelelangan merupakan jalan keluar yang paling tepat. Soalnya, orang-orang dari diler rutin berkumpul di sana untuk mencari stok dagangan dari berbagai model.

Potensi mobil terjual dalam waktu relatif singkat pun menjadi lebih besar di pelelangan. Akan tetapi, Anda mesti siap mental seandainya mobil terjual di bawah harga pasaran umum.

Rumah lelang menerima kendaraan dengan berbagai kondisi (diistilahkan sebagai ‘as is’ atau ‘apa adanya’). Ini tentu menguntung jika mobil yang ingin dijual punya ‘isu’ pada sisi teknis atau pun dokumen dan Anda agak kesulitan mengatasinya.

Sebelum dilempar ke peserta lelang, rumah lelang akan melakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu dari berbagai sisi.

Berdasarkan hasil inspeksi itu, mereka akan memberikan tingkatan (grade) terhadap mobil tersebut mulai dari ‘A’ untuk yang tertinggi hingga ‘E’ untuk yang terendah hingga akhirnya memberikan harga pembukaan yang layak.

Rumah lelang mendapatkan untung dari komisi yang mereka ambil dari harga jual akhir.

  • Jual Secara Online di Situs Tepercaya

Tren penjualan mobil secara online di Indonesia sudah muncul dan terus berkembang di Indonesia setidaknya sejak 6-7 tahun belakangan.

Tren tersebut terdorong dengan lebih cepat lagi oleh pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 hingga detik ini.

Oleh karena itu, Anda harus mengikuti arus ini kalau ingin mobil cepat terjual.

Pilih situs jual-beli kendaraan yang tepercaya sekaligus populer sebagai tempat untuk menaruh iklan. Beruntung, Mobil123.com disebut sebagai salah satu situs jual-beli yang bisa membuat kendaraan Anda cepat laku.

Pilih pula situs jual-beli yang menawarkan nilai lebih. Seperti Mobil123.com yang menyediakan cara pembelian secara kredit bagi iklan yang dipasang oleh para penjual individu.

  • Sesuaikan Banderol dengan Harga Pasar serta Kondisi Mobil

Survei mengenai harga pasaran umum luar biasa penting. Soalnya, banderol yang Anda pasang termasuk faktor utama yang menentukan cepat atau tidaknya kendaraan laku.

Ketahui rentang terbawah dan tertinggi dari model mobil Anda. Hal ini sekarang bisa diketahui dengan sangat mudah berkat keberadaan internet.

Cari tahu pula bagaimana kondisi unit-unit di harga terendah. Kemudian, sesuaikan kisaran harga yang sudah Anda ketahui dengan kondisi unit yang ingin dijual.

  • Bereskan Segala Isu pada Mobil

Semakin bagus kondisi kendaraan, semakin besar pula peluangnya terjual dengan lebih cepat. Calon pembeli pastinya menghindari mobil yang punya banyak masalah.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin bereskan berbagai problem pada mobil, baik dari aspek teknis maupun kelengkapan dokumen serta status pajaknya.

Setelah itu, cuci eksterior dan interior mobil sampai bersih. Bila perlu, bawa ke salon mobil agar tampilannya makin kinclong dan menawan.

  • Dapatkan Sertifikasi dari Pihak Ketiga

Momok terbesar dari para pencari mobil bekas adalah mendapatkan kendaraan bekas tabrak atau banjir.

Demi lebih mendapatkan kepercayaan calon pembeli, akan sangat membantu seandainya Anda mendapatkan sertifikasi kondisi kendaraan dari pihak ketiga. Apalagi, kini sudah hadir jasa inspeksi mobil bekas yang memang bisa memberikan sertifikasi.

Bahkan, mereka dapat pula memberikan garansi terhadap mobil bekas tersebut dalam hitungan bulan sampai tahun.

  • Rincikan Kondisi Mobil dengan Jujur

Setiap iklan mobil di situs jual-beli pasti memiliki kolom deskripsi atau keterangan. Manfaatkan ruang tersebut untuk memaparkan kondisi mobil serinci dan selengkap mungkin.

Berbohong di sana-sini mungkin saja bakal membuat mobil yang dijual cepat laku. Tapi, setelahnya Anda bisa mendapat ‘teror’ dari pembeli yang merasa ditipu.

Oleh karenanya, jika ada isu pada mobil yang memang belum bisa Anda selesaikan karena berbagai sebab, jelaskan saja dengan jujur. Dengan demikian, pembelinya kelak benar-benar menerima dan tahu apa yang ia terima.

  • Pasang Foto-Foto Terbaik di Iklan

Kesalahan yang sangat sering terlihat dalam iklan mobil bekas di situs jual-beli adalah pemasangan foto yang tidak menarik atau bahkan terkesan asal. Padahal, dengan melakukan hal tersebut, si penjual justru memperkecil kemungkinan barang dagangannya laku lebih cepat.

Kesan pertama penting untuk calon pembeli. Oleh karena itu, bikin dan pasang foto-foto terbaik dari mobil yang sedang Anda jual.

Tidak perlu sampai menggunakan jasa fotografer profesional untuk memproduksi gambar yang bagus. Kamera smartphone (gawai pintar) pun kini sudah semakin canggih dan bagus untuk menghasilkan foto berkualitas.

Sebaiknya, cari tempat yang bagus untuk dijadikan latar foto. Jika tidak, minimal cari tempat yang bersih serta sepi.

Memfoto mobil dengan latar belakang garasi atau pinggir jalan bisa berdampak negatif pada kesan pertama dari iklan Anda.

Potret mobil bekas dari berbagai sudut, baik eksterior dan interiornya.

Terakhir, jangan melakukan penyuntingan (editing) foto yang berlebihan.

cara jual mobil bekas cepat laku

Dari tujuh cara tadi, hanya dua di antaranya yang membuat Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra dalam jumlah yang mungkin agak banyak. Kedua poin itu ialah membereskan isu pada kendaraan serta mendapatkan sertifikasi dari pihak ketiga.

Lima lainnya yaitu menjual di pelelangan, menjual secara online di situs tepercaya, melakukan riset harga pasar sebelum menentukan banderol, memaparkan kondisi mobil dengan jujur, dan memasang foto terbaik sebenarnya tidak memerlukan usaha yang terlampau besar.

Sudah sangat jelas pemaparan mengenai cara jual mobil agar cepat laku dari Mobil123.com kali ini.

Nah, Selamat menjalankan dan mencobanya sendiri, ya, Mobilovers! [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar