Sri Lanka Sudah Bisa Bikin Supercar, Indonesia Kapan?

Mobil Baru

Sri Lanka Sudah Bisa Bikin Supercar, Indonesia Kapan?

COLOMBO - Indonesia masih bermimpi untuk memiliki mobil nasional yang hingga kini bagai impian. Tapi siapa sangka, Sri Lanka yang merupakannegara kecil yang tidak ada di peta otomotif dunia telah sanggup membuat mobil mereka sendiri. Indonesia kalah.

Mobil itu adalah mobil sport listrik bernama Vega. Mobil ini bukan mobil listrik sembarangan karena memiliki tenaga hingga 900 hp.

Menurut BBC Autos, mobil ini digagas oleh pegusaha teknologi bernama Harsha Subasinghe, seorang chief executive perusahaan teknologi bernama CodeGen. Dia membangun mobil listrik ini dengan berbagai keunggulan, salah satunya mampu melaju dari diam sampai 96 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik saja.

"Membuat orang untuk percaya bahwa proyek rekayasa yang kompleks seperti supercar bisa berasal dari Sri Lanka merupakan tantangan besar bagi kami," kata Beshan Kulapala, manajer proyek mobil ini. 

"Negara ini menghasilkan beberapa insinyur terbaik di dunia, tapi di masa lalu kami sudah takut untuk berkomitmen untuk pengembangan produk inovatif karena takut kehilangan, atau diejek," tambah pria yang bergelar PhD dan merupakan veteran raksasa teknologi Intel ini.

Indonesia sendiri tercatat pernah memperkenalkan mobil sport listrik yang digagas oleh Dahlan Iskan. Tapi mobil itu hanya sebatas prototype saja tanpa berujung di produksi massal.

Dari perspektif otomotif, mobil yang dikembangkan oleh lebih dari 30 insinyur ini cukup bagus karena memiliki desain yang agresif. Motor listriknya menggerakkan roda belakang untuk menghasilkan kekuatan gabungan 900 tenaga kuda dengan torsi 530 lb-ft.

Kulapala pun yakin, seiring waktu, negaranya dapat belajar dan mengejar ketertinggalan mereka di industri otomotif. Saat ini, Vega diklaim mampu melaju hingga kecepatan tertinggi 150 mph atau sekitar 241,4 km/jam dan mampu menjelajah hingga 241 km. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual