Spesifikasi Lengkap dan Harga Suzuki Avenis 125 2022, Bannya Kekecilan Nggak, Sih?

Panduan Pembeli

Spesifikasi Lengkap dan Harga Suzuki Avenis 125 2022, Bannya Kekecilan Nggak, Sih?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Suzuki Avenis 125 di Indonesia yang otomatis akan bersaing dengan Honda Vario 125. Sebelumnya, Avenis 125 lebih dulu meluncur di India pada awal 2022 sebelum masuk pasar motor matik Filipina.

Suzuki Avenis 125 memiliki desain yang terlihat sporty dan modern. Namun, motor ini hanya dijual dalam satu varian dengan harga mencapai Rp29,97 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Harga Avenis 125 ini lebih mahal jika dibandingkan dengan Vario 125. Berdasarkan situs resmi Honda, Vario 125 saat ini dibanderol mulai dari Rp22,35 juta sampai Rp24,25 juta OTR Jakarta.

Di sisi lain, Avenis 125 menawarkan tiga opsi warna untuk konsumen:

  • Mettallic Matte Black/Glass Sparkle Black
  • Pearl Mirage White/Metallic Matte Fibroin Grey
  • Metalic Matte Fibroin Grey/Metallic Lush Green

Kehadiran motor ini pun semakin meramaikan pasar motor matik 125 cc di Indonesia. Selain Vario 125, pasar tersebut sudah lebih dulu diramaikan oleh Yamaha Fazzio, Yamaha Freego, Yamaha X-Ride, Yamaha Fino, dan lain-lain.

Suzuki Avenis 125 rencananya akan dihadirkan di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 yang digelar pada 2-6 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Simulasi Kredit Suzuki Avenis 125 2022

Harga Suzuki Avenis 125 mungkin terbilang cukup tinggi bagi sebagian konsumen. Bila ingin tetap beli motor ini, Anda dapat membelinya secara kredit yang tentu bisa meringankan pengeluaran.

Berikut ini adalah simulasi kredit Suzuki Avenis 125 pada Oktober 2022 untuk kawasan Jabodetabek dengan DP 20 persen dan suku bunga 5 persen.

Tenor

Cicilan

TDP

11 bulan

Rp2,36 jutaan

Rp5,99 jutaan

23 bulan

Rp1,17 jutaan

Rp5,99 jutaan

29 bulan

Rp961 ribuan

Rp5,99 jutaan

35 bulan

Rp806 ribuan

Rp5,99 jutaan

Spesifikasi Suzuki Avenis 125 2022

Alangkah baiknya sebelum membeli Suzuki Avenis 125, ketahui dulu spesifikasi motor tersebut.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Suzuki Avenis 125.

Mesin

Suzuki Avenis 125 dibenamkan mesin dengan kapasitas 125 cc, 1 silinder, SOHC yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 8,5 hp pada putaran 6.750 rpm dan torsi maksimum 10 Nm di putaran 5.500 rpm.

Canggihnya, mesin ini telah dilengkapi Suzuki Eco Performance (SEP). Teknologi ini berfungsi untuk menyeimbangkan efisiensi BBM dengan baik. Mesinnya juga sudah didukung dengan sistem penyuplai bahan bakar injeksi serta sistem starter elektrik dan kick starter.

Soal suspensi, Avenis 125 disematkan suspensi teleskopik pada bagian depan dan swing arm di bagian belakang. Untuk sistem pengereman, motor ini mengandalkan rem cakram di bagian depan, sedangkan pada bagian belakang, menggunakan rem tromol.

Selain itu, Avenis 125 memiliki tangki yang bisa memuat BBM sebanyak 5,2 liter di mana cukup untuk berkendara sehari-hari.

Namun, letak tangki ini berada di bagian belakang motor tersebut yang mungkin kurang familiar bagi sebagian konsumen. Pengguna pun tidak perlu membuka bagasi motornya saat ingin mengisi BBM.

Mesin Suzuki Avenis 125 2022

Mesin

1 silinder

Teknologi Mesin

SOHC

Kapasitas mesin

125 cc

Tenaga Maksimum

8,5 hp @ 6.750 rpm

Torsi Maksimum

10 Nm @ 5.500 rpm

Suspensi

Teleskopik (depan) dan swing arm (belakang)

Eksterior

Suzuki Avenis 125 memiliki ukuran panjang 1.895 mm, lebar 710 mm, tinggi 1.175 mm, dan ground clearance 160 mm.

Secara keseluruhan, tampilan motor ini terlihat sporty dengan adanya beberapa lekuk garis yang tajam dan terkesan agresif. Menariknya, Avenis 125 memiliki ukuran ban 'belang'.

Motor tersebut mengadopsi ban depan tubeless berukuran 90/90-12 dan 90/100-10 untuk ban di bagian belakang.

Di sisi lain, Avenis 125 telah disematkan lampu LED pada bagian depan dan belakang untuk memberi visibilitas yang baik pagi pengemudi saat berkendara, khususnya di malam hari.

Pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman saat duduk di motor ini selama perjalanan berkat penggunaan jok yang lebar.

Selain itu, jok tersebut juga dibalut dengan paduan dua warna yang membuat tampilan Avenis 125 terkesan menarik.

Terdapat bagasi 21,8 liter untuk menyimpan barang. Dengan demikian, bagasi tersebut dapat menyimpan helm ataupun barang lain yang memiliki bobot sampai 10 kg. Di bagian depan, ada dua kantong penyimpanan yang mempunyai kapasitas masing-masing 1 liter dan 1,6 liter.

Spidometer

Suzuki Avenis 125 sudah disematkan spidometer digital yang dapat memberikan berbagai informasi penting bagi pengemudi saat berkendara.

Selain kecepatan, pengemudi juga bisa memantau indikator eco drive lewat spidometer ini. Tak hanya itu saja, spidometer motor tersebut juga dapat menampilkan kondisi mesin secara real time yang meliputi battery voltage, temperatur mesin, hingga indikator engine check.

Spidometer Avenis 125 juga dapat menampilkan berbagai informasi lain seperti jam digital, indikator oil change, fuel gauge, dual trip meter, serta average fuel consumption.

Fitur

Suzuki Avenis 125 sudah disematkan berbagai fitur, salah satunya USB socket di bagian kantong penyimpanan yang berfungsi untuk mengisi daya baterai ponsel pengguna.

Ada juga berbagai fitur lain yang tak kalah mumpuni pada motor ini sebagai berikut.

  • Suzuki Easy Start System yang terintegrasi dan dapat memudahkan pengguna saat menghidupkan mesin motor.
  • Safety Shutter Key untuk menjamin keamanan lubang kunci motor dalam kondisi terparkir.
  • Side Stand Engine Cut-off Switch yang dapat membuat mesin jadi tidak aktif ketika standar samping dibuka.
  • Brake Lock System untuk memastikan ban tetap dalam kondisi terkunci saat terparkir.
  • Integrated Combined Braking System (ICBS) yang mengintegrasikan rem di bagian depan dan belakang saat digunakan sehingga dapat mengontrol motor ketika mengerem secara lebih mudah. Selain itu, juga dapat mengurangi jarak pengereman di kondisi tertentu.

Tak ketinggalan, ada juga konektivitas bluetooth. Saat terkoneksi dengan smartphone, akan muncul notifikasi panggilan masuk, panggilan tak terjawab, SMS masuk dan belum dibaca, peringatan kecepatan, perkiraan waktu kedatangan, dan lain-lain.

Perbedaan Suzuki Avenis 125 di Indonesia, India, dan Filipina

Saat ini, Suzuki telah memasarkan Avenis 125 di India, Filipina, dan Indonesia. Sebenarnya, Avenis 125 di ketiga negara ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Namun, harga motor tersebut di Indonesia, India, dan Filipina berbeda. Seperti diketahui, Avenis 125 di Indonesia seharga Rp29,97 juta.

Di Filipina, Avenis 125 dibanderol 79.400 Peso atau sekitar Rp21,2 juta. Harganya lebih murah dibandingkan dengan Avenis 125 yang dijual di Indonesia serta India. Harga Avenis 125 di India mulai dari 89.479 Rupee atau sekitar Rp23,89 juta hingga 91.279 Rupee atau sekitar Rp24,37 juta.

Berbeda dengan Indonesia, Avenis 125 di India ditawarkan dalam tiga varian, yaitu Avenis Race Edition, Ride Connect Edition, dan Standard Edition.

Adapun keistimewaan varian Ride Connect Edition yang terletak di bagian panel instrumen di mana sudah dibekali konektivitas smartphone beserta sambungan bluetooth.

Tiga varian ini tidak tersedia di Indonesia serta Filipina. Kedua negara ini juga sama-sama menawarkan Avenis 125 dalam satu varian saja. Selain itu, ada perbedaan lain pada Avenis 125 yang dipasarkan di Indonesia, India, dan Filipina, yaitu pilihan warna yang ditawarkan.

Di India, motor ini tersedia dalam lima opsi warna, yakni oranye, hitam, putih, hijau abu-abu, dan biru seperti warna motor tim balap Suzuki Ecstar di MotoGP. Di Filipina, ada tiga pilihan warna saja, yakni oranye, merah, dan hitam, mirip dengan Indonesia. [Nad]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Nadya Andari

Nadya Andari

Nadya memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal 2019 dan akhirnya bergabung dengan Mobil123.com pada 2022. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang cukup tertarik dengan dunia otomotif.


Berita Utama


Komentar