Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Spesifikasi dan Harga Honda Scoopy 2022, Skutik Retro Modern yang Canggih

Berita Otomotif

Spesifikasi dan Harga Honda Scoopy 2022, Skutik Retro Modern yang Canggih

Honda Scoopy 2022 punya tampilan yang modern dan mengusung teknologi terkini sesuai dengan selera kawula muda masa kini.

Pertama kali muncul di jalanan Tanah Air pada 2010, Honda Scoopy langsung menarik banyak perhatian masyarakat.

Skuter matik (skutik) keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) ini memiliki ciri khas yang bisa langsung dikenal saat pertama kali dilihat. Desainnya yang membulat membuat Scoopy terlihat unik dan menarik bagi siapa saja yang melihatnya. 

Selama 10 tahun lebih berkiprah di pasar roda dua Tanah Air, Scoopy sudah banyak mengalami pembaruan. Mulai dari pemakaian sistem injeksi pada 2013, mesin berteknologi eSP dan fitur ACG Starter pada 2015, hingga perubahan ukuran pelek dan tampilan di 2017.

Scoopy generasi teranyar dirilis AHM pada akhir 2020. Tetap mempertahankan desain retro modern, lengkap dengan berbagai macam fitur canggih.

Memasuki akhir 2021, AHM menyegarkan Scoopy sebagai model 2022. Tidak ada perubahan total yang dilakukan oleh AHM, hanya sekedar menawarkan pilihan warna baru saja.

Lebih lanjut mengenai Honda Scoopy 2022, berikut ini penjelasan harga terbaru hingga spesifikasinya.

Harga Honda Scoopy 2022

Honda Scoopy 2022 dijual dalam 4 tipe, yakni Sporty, Fashion, Stylish dan Prestige. Masing-masing memiliki dua pilihan warna.

Untuk harganya, tipe Stylish dan Prestige dibanderol lebih tinggi karena sudah dibekali fitur Smart Key System.

Berikut harga on the road (OTR) Jakarta dari masing-masing tipe Honda Scoopy per Agustus 2022:

  • Scoopy Sporty Rp21,353 juta
  • Scoopy Fashion Rp21,353 juta
  • Scoopy Stylish Rp22,115 juta
  • Scoopy Prestige Rp22,115 juta

Spesifikasi Honda Scoopy 2022

Dimensi dan Desain

Honda Scoopy 2022 memiliki panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, tinggi 1.075 mm, wheelbase 1.251 mm, dan ground clearance 145 mm. Berat skutik ini 95 kg atau 94 kg untuk varian dengan fitur Smart Key.

Desain yang disematkan pada Scoopy 2022 memiliki kesan klasik dan retro dengan siluet S-shape dan serba membulat.

Lampu depan motor menggunakan LED Projector yang memberi pencahayaan lebih terang, didukung dengan Daytime Running Light disekitarnya.

Lampu sein di buat terpisah dengan lampu utama dan masih menggunakan lampu halogen.

Desain kaca spion yang bulat dipadu warna mengikuti bodi menambah kesan klasik pada motor ini.

Berpindah ke belakang, bentuk lampu sein juga serupa dengan yang di depan. Stoplamp-nya dibuat membulat, dilengkapi dengan mika reflektif yang memberikan nuansa menyala layaknya lilin.

Pelek 12 inci menjadi pijakan untuk motor ini, dengan warna yang berbeda berdasarkan tipe. Prestige menggunakan pelek warna cokelat, Stylish berwarna perak, sedangkan Fashion dan Sport berpelek warna hitam.

Mesin

Mesin yang disematkan pada Scoopy 2022 berkapasitas 110 cc, SOHC 4-langkah, berpendingin udara, eSP, PGM-FI, dengan transmisi otomatis dan V-Matic. Mesin tersebut mampu mengeluarkan Daya maksimum 9 ps pada 7.500 rpm dan torsi mencapai 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Mesin 110 cc eSP ini juga memiliki ACG Starter yang berfungsi untuk memperhalus kerja mesin.

Scoopy memiliki dua jenis starter tergantung tipenya. Pada tipe Stylish dan Prestige, cara menghidupkan mesinnya sudah elektrik, bahkan dengan adanya fitur Smart Key System, penyalaan mesin tidak memerlukan kunci kontak lagi. Sementara itu, pada tipe Fashion dan Sport masih menggunakan jenis starter elektrik (memutar kunci kontak) atau kick starter.

Rangka dan Kaki-kaki

Honda Scoopy 2022 mengadopsi rangka tipe Underbone eSAF (Enhanced Architecture Frame) sama seperti BeAT dan Genio.

Rangka eSAF ini sendiri memiliki beberapa keunggulan, antara lain beratnya lebih ringan dan kokoh, tahan terhadap guncangan, dan memberikan ruang lebih untuk tangki bahan bakar serta bagasi di bawah jok motor.

Di bagian kaki-kaki, Scoopy menggunakan dua jenis suspensi, teleskopik di roda depan sedangkan roda belakang menggunakan suspensi jenis lengan ayun dengan peredam kejut tunggal.

Ban depan dan belakang Scoopy juga memiliki ukuran yang beda. Ban depan berukuran 100/90 – 12 59J, dan ban belakang 110/90 – 12 64J.

Sistem pengeremannya mengandalkan cakram hidrolik dengan piston tunggal di roda depan dan tromol di roda belakang.

Fitur-fitur

Beragam fitur canggih turut disematkan pada Honda Scoopy terbaru untuk menambah kenyamanan dalam berkendara.

Fitur pertama yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu Smart Key System. Fitur ini berupa remote canggih yang berfungsi untuk mengoperasikan motor tanpa anak kunci.

Ditambah lagi, ada sistem keamanan anti-theft alarm, serta answer back system yang berguna untuk menemukan posisi motor jika berada di lokasi parkir yang sangat ramai.

Kemudian panel instrumennya sudah dilengkapi dengan Combined Digital Panel Meter dengan desain lebih besar. Pada panel digital dapat dilihat informasi mengenai jam, konsumsi bahan bakar, tripmeter, hingga aki.

Lalu di bagian atas speedometer terdapat beberapa indikator, yakni  ECO, lampu jauh, lampu sein, Check Engine, dan indikator Idling Stop System (ISS).

Scoopy juga sudah dibekali beragam fitur penunjang kenyamanan, seperti soket USB Power Charger dalam console box sebelah kiri dengan penutup, functional hook yang bisa dilipat, berfungsi untuk menggantung tas atau barang bawaan, serta tersedia bagasi U-Box dengan kapasitas 15,4 L, cukup untuk menaruh barang bawaan lebih atau helm cadangan.

Di sektor pengereman Scoopy 2022 terdapat Combi Brake System (CBS). CBS merupakan sistem kombinasi rem depan dan belakang. Hanya dengan menarik satu tuas saja, rem belakang dan depan akan bekerja sekaligus. Dengan begitu, perlambatan dan pengendalian motor ini akan lebih optimal.

Selain itu, terdapat juga fitur Parking Brake Lock yang berfungsi seperti rem tangan pada mobil, yaitu mengunci rem motor ketika sedang di posisi jalanan menanjak atau menurun, atau juga ketika sedang parkir.

FAQ

Q: Scoopy 2022 ada warna apa aja?

A: Honda Scoopy 2022 tersedia dalam 4 tipe, dengan masing-masing tipe memiliki 2 varian warna, yaitu Sporty Black, Sporty Red, Fashion Black, Fashion Blue, Stylish Brown, Stylish Red, Prestige White, dan Prestige Black

Q: Apa tipe tertinggi Scoopy 2022?

A: Tipe tertinggi Honda Scoopy 2022 adalah Stylish dan Prestige.

Q: Harga Scoopy 2022 berapa?

A: Per Agustus 2022, harga Honda Scoopy tipe Sporty dan Fashion Rp21,353 juta, sedangkan tipe Prestige dan Stylish dibanderol lebih mahal, yakni Rp22,115 juta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga motor baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang