Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Spesifikasi dan Fitur Ford Ranger Raptor, Double Cabin Sangar Versi Upgrade Dari Ranger Wildtrak

Panduan Pembeli

Spesifikasi dan Fitur Ford Ranger Raptor, Double Cabin Sangar Versi Upgrade Dari Ranger Wildtrak

Ford Ranger Raptor 2023 merupakan versi penyempurnaan dan versi tertinggi dari Ford Ranger Wildtrak, yang hadir dengan serangkaian fitur yang lebih tangguh dan performa yang lebih baik. Sebagai double cabin yang dirancang untuk menaklukkan berbagai medan, Ranger Raptor menawarkan sistem 4WD dengan mode Baja, suspensi canggih, lampu LED Proyektor otomatis, serta pengaturan kursi yang lebih baik untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang. 

Berikut detail spesifikasi dan fitur Ford Ranger Raptor 2023:

Spesifikasi Ford Ranger Raptor 2023

Mesin Ford Ranger Raptor 2023

Mesin

Ford Ranger Raptor 2023

Ford Ranger Wildtrak

Tipe

Diesel (I4) with Bi-Turbo

Kapasitas

1.996 cc

Tenaga

154.5 kW (210 PS) @ 3750 rpm

Torsi

500 Nm @ 1750 – 2000 rpm

Fuel Supply

Common Rail Direct Injection

Transmisi

10-Speed Automatic

Electronic Shift on the fly (ESOF)

4WD terrain management system with Baja mode

Standard


Ford Ranger Raptor 2023 dan Ranger Wildtrak keduanya menggunakan mesin Diesel (I4) dengan Bi-Turbo berkapasitas 1.996 cc, yang menghasilkan tenaga 154.5 kW (210 PS) @ 3750 rpm dan torsi 500 Nm @ 1750 – 2000 rpm. Mesin ini dilengkapi dengan sistem injeksi Common Rail Direct Injection dan dipadukan dengan transmisi otomatis 10 percepatan. 

Meskipun mesin ini sama dengan Wildtrak, Ranger Raptor dilengkapi dengan fitur electronic shift on the fly dan sistem manajemen medan 4WD dengan mode Baja yang memungkinkan pengemudi memilih dari enam mode berkendara: Normal, Eco, Tow/Haul, Slippery, Mud/Ruts, dan Baja Mode.

Pengereman dan Suspensi Ford Ranger Raptor 2023

Pengereman dan Suspensi

Ford Ranger Raptor 2023

Ford Ranger Wildtrak

Suspensi depan

Aluminium Double Wishbone with internal bypass Fox Racing Shox dampers

Double Wishbone with Coil Spring

Suspensi belakang

Coilover Shocks with watt’s linkage and internal bypass Fox Racing Shox dampers

Leaf Spring

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Ventilated Disc

Tipe Differential

e-Locking rear Differential

Steering System

Electric Power Steering

Ban dan Pelek

285/70R17 , Alloy with all terrain BF-Goodrich

255/55 R20, Alloy


Ford Ranger Raptor 2023 dilengkapi dengan suspensi depan Aluminium Double Wishbone dengan internal bypass Fox Racing Shox dampers dan suspensi belakang Coilover Shocks dengan watt’s linkage dan internal bypass Fox Racing Shox dampers. 

Sistem ini lebih canggih dibandingkan suspensi Double Wishbone dengan Coil Spring di depan dan Leaf Spring di belakang pada Ranger Wildtrak. 

Tidak hanya itu perbedaannya juga ada pada bagian ban dan pelek juga dibuat berbeda agar lebih mumpuni saat melewati kondisi jalan yang kurang bagus. Menggunakan pelek ukuran yang lebih kecil yaitu diameter 17 inci namun dengan ban yang lebih tebal yaitu 285/70 jenis all terrain dari BF-Goodrich.

Dimensi Ford Ranger Raptor 2023

Ford Ranger Raptor 2023 memiliki dimensi yang lebih besar dibanding Ranger Wildtrak meskipun tidak terlalu jauh perbandingan ukurannya tapi bisa membuat tampilan Ranger Raptor lebih garang karena ditambahkan beberapa aksesoris seperti grill depan, bumper dan tambahan over fender yang lebih besar, berikut perbandingan dimensi antara Ranger Raptor dengan Wildtrak;

Dimensi

Ford Ranger Raptor 2023

Ford Ranger Wildtrak

Panjang

5.381 mm

5.370 mm

Lebar

2.208 mm

2.208 mm tanpa spion

Tinggi

1.922 mm

1.884 mm

Wheelbase

3.270 mm

3.270 mm

Ground Clearance

266 mm

229 mm

Panjang Cargo Bed 

1.564 mm

1.564 mm

Lebar Cargo Bed

1.584 mm

1.584 mm

Dalam Cargo Bed

530 mm

530 mm

Berat Kosong

2.423 kg

2.166 kg

Berat Isi

3.140 kg

3.230 kg

Kapasitas Tangki

80 liter

80 liter

Fitur Ford Ranger Raptor 2023

Ranger Raptor 2023 dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan canggih seperti Emergency Brake Assist, Anti Lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution, Hill Descent Control, Hill Launch Assist, Roll Over Mitigation, Trailer Sway Control, dan Adaptive Load Control. Untuk keamanan pasif, terdapat Airbag (pengemudi dan penumpang depan), Side Airbag, Curtain Airbag, Volumetric Burglar Alarm System, ISOFIX, dan Immobilizer.

Fitur kenyamanan tidak kalah lengkap, termasuk Adaptive Cruise Control, Rear View Camera, headunit layar sentuh 12.1 inci dengan Bluetooth, Voice Recognition, USB, dan 7 speaker, SYNC® 4 Ford Performance, kaca spion Auto Dimming, pengaturan kursi pengemudi dan penumpang depan 10 arah dengan Power Adjustable Seat, Power Assisted Steering, dan Automatic Dual Zone. 

Jok dilapisi dengan Alcantara Leather beraksen orange, serta kemudi dengan desain khusus Raptor dan Magnesium Paddle Shifter.

Pada bagian pencahayaan, Ranger Raptor menggunakan lampu proyektor LED dengan leveling manual, dan wiper yang dilengkapi sensor hujan.

Harga dan Warna Ford Ranger Raptor 2023

Ford Ranger Raptor 2023 dibanderol mulai dari Rp1,2 miliar, dengan lima pilihan warna: Absolute Black, Arctic White, Blue Lightning, Code Orange, dan Conquer Grey. Sedangkan untuk versi Wildtrak, tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Arctic White, Meteor Grey, Absolute Black, Luxe Yellow, dan Sedona Orange.

Kelebihan dan Kekurangan Ford Ranger Raptor 2023

Kelebihan

1. Mesin Bertenaga

Ford Ranger Raptor 2023 dilengkapi dengan mesin Diesel (I4) dengan Bi-Turbo berkapasitas 1,996 cc. Mesin ini menggunakan sistem injeksi Common Rail Direct Injection yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 154.5 kW (210 PS) pada 3750 rpm dan torsi puncak mencapai 500 Nm pada 1.750 - 2.000 rpm. Dengan spesifikasi ini, Ranger Raptor menawarkan performa yang kuat dan responsif, ideal untuk berbagai kondisi jalan dan medan off-road.

2. Suspensi Fox Racing Shox

Salah satu keunggulan utama dari Ford Ranger Raptor 2023 adalah sistem suspensinya yang canggih. Suspensi depan menggunakan Aluminium Double Wishbone dengan internal bypass Fox Racing Shox dampers, sementara suspensi belakang dilengkapi dengan Coilover Shocks dengan watt's linkage dan internal bypass Fox Racing Shox dampers. Sistem suspensi ini dirancang untuk memberikan kenyamanan optimal serta kemampuan off-road yang superior, mampu meredam guncangan dan menjaga stabilitas kendaraan di berbagai kondisi medan.

3. Tampilan yang Garang

Desain eksterior Ford Ranger Raptor 2023 tampil lebih garang dan agresif dibandingkan model lainnya. Menggunakan Signature Ranger Raptor Grille dengan big F-O-R-D lettering, tampilan depan kendaraan ini memberikan kesan kuat dan berotot. Desain yang berani ini tidak hanya menambah estetika tetapi juga memberikan identitas yang jelas dan membedakan Ranger Raptor dari model double cabin lainnya di pasaran.

Kekurangan

1. Legroom Penumpang Baris Kedua yang Sempit

Meskipun Ford Ranger Raptor 2023 menawarkan banyak keunggulan dalam hal performa dan desain, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah ruang kaki (legroom) untuk penumpang di baris kedua yang terasa sempit. Hal ini dapat menjadi kurang nyaman bagi penumpang yang harus menempuh perjalanan panjang, terutama bagi mereka yang memiliki postur tubuh lebih tinggi.

Dengan peningkatan pada sistem suspensi, sistem penggerak 4WD, dan fitur-fitur canggih lainnya, Ford Ranger Raptor 2023 menawarkan performa dan kenyamanan yang lebih tinggi, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan kendaraan double cabin yang tangguh dan serbaguna.
 

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang